Sambut Ramadan, PT Dharma Lautan Utama Pontianak Layani Rute Pontianak-Semarang

Berbagai persiapan dilakukan oleh instansi maupun pihak yang memiliki kepentingan karena momentum lebaran ini

Sambut Ramadan, PT Dharma Lautan Utama Pontianak Layani Rute Pontianak-Semarang
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Manajer PT Darma Lautan Utama, Kacung Muhadi, saat diwawancarai Sabtu (12/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perayaan hari besar keagamaan Umat Islam yaitu Idul Fitri tak lama lagi, bahkan tinggal menghitung hari penyambutan awal Ramadhan akan berlangsung.

Berbagai persiapan dilakukan oleh instansi maupun pihak yang memiliki kepentingan karena momentum lebaran ini, tingkat arus pergerakan manusia akan luar biasa.

Seperti halnya persiapan angkutan kapal dan orang buat mudik lebaran tujuan Pontianak-Semarang sudah dilakukan. PT Dharma Lautan Utama Pontianak jauh hari.

Hal itu demi kenyamanan masyarakat, pihak PT Dharma Lautan Utama, juga menyediakan layanan kesehatan dalam kapal.

Baca: Penggiat Sepak Bola di Kalbar ini Yakin Persibeng Tak Kalah Saing

"Kita telah nempersiapkan jelang arus mudik dan baik lebaran, kami (PT Darma Lautan Utama) cabang Pontianak sudah mempersiapkan semuanya. Jadwal keberangkatan kapal sampai akses penjualan tiket sudah bisa dilakukan sekarang. Untuk memesannya juga bisa dilakukan dengan datang ke kantor atau melalui smartphone dengan mendownload mobile aplikasi," kata Manajer PT Darma Lautan Utama, Kacung Muhadi, Sabtu (12/5/2018).

Untuk menghindari kehabisan tiket atau melonjaknya peningkatan penjualan tiket pada puasa nanti, dirinya berpesan pada masyarakat untuk membelinya dari sekarang. Itu juga bisa terhindar dari kehabisan tiket. Bagi pemudik yang membawa sepeda motor atau kendaraan pribadi juga disediakan tiket kendaraan.

"Cek in lanjut bisa dilakukan penumpang 12 jam sebelum kapal berangkat. Kami imbau masyarakat Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya kalau ingin berangkat dapat datang lebih awal ke terminal penumpang karena sebelum keberangkatan akan dilakukan proses cek in," jelasnya.

Untuk armadanya disiapkan satu, yaitu KM Darma Kencana dengan jumlah penumpang maksimal bisa mengangkut 700 penumpang. Perjalanan dari Pontianak ke Semarang akan memakan waktu 35-38 jam.

Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang seperti tahun-tahun sebelumnya biasa terjadi pada pertengahan puasa. Tapi kenaikan mungkin bisa lebih tinggi dari tahun lalu. Faktornya karena aturan tambahan libur yang dilakukan pemerintah menurutnya bisa meningkatkan animo masyarakat untuk melakukan mudik.

PT Darma Lautan Utama, dalam layanannya lebih mengedepankan keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved