Bikin Merinding! Ini 5 Mitos yang Sering Dipercaya oleh Masyarakat Indonesia dan Korea Selatan

Meskipun masing-masing daerah memiliki mitos yang berbeda, namun ternyata di Indonesia dan Korea Selatan ini memiliki mitos yang hampir mirip

Bikin Merinding! Ini 5 Mitos yang Sering Dipercaya oleh Masyarakat Indonesia dan Korea Selatan
TRIBUNFILE/YOUTUBE
gunting kuku 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Meskipun masing-masing daerah memiliki mitos yang berbeda, namun ternyata di Indonesia dan Korea Selatan ini memiliki mitos yang hampir mirip. Berikut 5 mitos masyarakat Indonesia yang mirip dengan mitos masyarakat Korea Selatan:

Baca: Pekan Gawai Dayak ke-33 Akan Berlangsung Lebih Singkat Dari Tahun Sebelumnya, Ini Alasannya!

1. Memotong Kuku

gunting kuku
gunting kuku (TRIBUNFILE/YOUTUBE)

Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa memotong kuku di malam hari akan membuat kuku tersebut di makan oleh tikus yang bisa berubah menjadi manusia dan mengambil nyawa kita.

Di Indonesia, masyarakat percaya bahwa memotong kuku di malam hari bisa membuat kita didatangi harimau bahkan jin yang akan memakan kuku tersebut.

Baca: Tangan Dingin Tito Tangani Teroris Mako Brimob Diapresiasi Ulama Pontianak

2. Bersiul

Ilustrasi Bersiul
Ilustrasi Bersiul (Net)

Kepercayaan tentang bersiul antara Indonesia dan Korea benar-benar sama. Di daerah Jawa Barat bersiul pada malam hari berarti memanggil ular. Begitu juga di Korea, jika bersiul di malam hari berarti memanggil ular atau hantu.

3. Hadiah

Sepatu
Sepatu (Instagram)

Jika di Korea memberi hadiah sepatu bisa menyebabkan orang yang diberi hadiah menjadi “lari”, begitu pula di Indonesia. Tambahannya, di Indonesia kita tidak boleh memberikan hadiah yang terbuat dari kain seperti pakaian atau sapu tangan.

Kain yang licin bisa menyebabkan orang tersebut lepas dari kita.

Baca: Berhasil Kabur Dari Penjara Alcatraz Selama 50 Tahun, Ini Kabar 3 Napinya Sekarang

4. Melompati manusia

Ilustrasi
Ilustrasi (TRIBUNNEWS.COM)

Masyarakat Korea percaya jika kita melompati bayi, maka pertumbuhan bayi tersebut akan terhambat.

Begitu juga di Indonesia, sebagian masyarakat jawa Tengah percaya jika kita melompati bayi bahkan orang dewasa, maka kita berhutang nyawa dan darah pada orang tersebut. Kita bisa melunasinya jika orang yang kita lompati, balik melompati kita.

5. Angka 4

Lift
Lift ()

Angka 4 di Korea maupun di Indonesia dianggap angka kematian. Oleh karena itu, beberapa gedung menghilangkan lantai ini. Bukan hanya di Korea, namun di Indonesia banyak gedung yang menghilangkan angka ini di lantai gedung mereka.

Artikel ini telah tayang di cewekbanget.id dengan judul 5 Mitos Ini Sering Dipercaya oleh Masyarakat Indonesia dan Korea Selatan. Bikin Merinding!

Editor: listya sekar siwi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved