Terkait Dana Desa, Segini Jumlah Laporan Masyarakat ke Ombudsman RI

Kegiatan fiktif di 214 desa dan ketidaksesuaian kegiatan sebanyak 318 kasus. Ini yang menjadi latar belakanh kajian ini

Terkait Dana Desa, Segini Jumlah Laporan Masyarakat ke Ombudsman RI
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Suasana Focus Group Discussion (FGD) Hasil Kajian Sementara Systemic Review dengan judul Pengawasan Dana Desa dalam rangka Peningkatan Pelayanan Publik Desa di Kalimantan Barat di Ruang Ramin Hotel Mercure Pontianak, Rabu (9/5/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Kajian Systemic Review Ombudsman RI Perwakilan Kalbar, Imam Munandar mengatakan  kajian pengawasan dana desa dilatarbelakangi karena banyaknya laporan dengan substansi Pemerintahan Desa. 

"Ada 914 laporan masyarakat yang disampaikan kepada Ombudsman RI baik di pusat maupun di perwakilan," ungkapnya saat Focus Group Discussion (FGD) Hasil Kajian Sementara Systemic Review dengan judul Pengawasan Dana Desa dalam rangka Peningkatan Pelayanan Publik Desa Kalimantan Barat di Ruang Ramin Hotel Mercure Pontianak, Rabu (9/5/2018).

(Baca: Heboh! Peserta SBMPTN 2018 Melahirkan Saat Ikut Ujian di Toilet Kampus )

Imam memaparkan berdasarkan data yang disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), khusus Provinsi Kalimantan Barat dan Jawa Timur hingga tahun 2017 telah ditemukan dugaan penyalahgunaan pada 452 desa.

"Kegiatan fiktif di 214 desa dan ketidaksesuaian kegiatan sebanyak 318 kasus. Ini yang menjadi latar belakanh kajian ini," jelasnya. 

Imam menimpali tujuan kajian ini dilakukan guna mengetahui indikasi dan potensi maladministrasi dalam pengetolaan Dana Desa baik pra penyaluran, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan.

"Kami juga berharap kajian ini dapat memberikan saran perbaikan dalam pengelolaan dana desa, serta mendorong optimalisasi dan efektivitas fungsi pengawasan Pemerintah terhadap Dana Desa," katanya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved