Ngopi Bareng Fahri Untuk Mengidentifikasi Kemandekan Jalan Pikiran

Kehadiran wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah ke Kota Pontianak dalam agenda ngopi bareng Fahri disambut antusias oleh anak-anak muda

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Orasi Kebangsaan yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, dalam kegiatan Ngopi Bareng Fahri, Selasa (8/05/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Kehadiran wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah ke Kota Pontianak dalam agenda ngopi bareng Fahri disambut antusias oleh anak-anak muda, aktivis dan masyarakat Kota Pontianak umumnya dan Kalbar khususnya, Selasa (8/05/2018).

Dalam wawancaranya dengan awak media, Fahri menyebutkan kegiatan yang dilakukannya itu adalah untuk mengidentifikasi kemandekan jalan pikiran yang ada di bangsa ini.

"Saya mencoba mengidentifikasi adanya kemandekan jalan fikiran didalam tubuh bangsa kita, hari ini berita, informasi dan pengetahuan itu seperti banjir dia tidak menemukan kanalnya dan seperti air bah, yang juga merusak masyarakat," ujar Fahri.

Baca: Hari Ini Panwaslu Akan Lakukan Rapat Koordinasi Pemilu Partisipatif

Oleh karenanya, lahirlah hoaks yang menjadi sebab adu domba dan sebagainya. Sambung Fahri itulah yang menarik dirinya dan teman-teman mencoba menarik percakapan di sosial media yang penuh dengan hoaks kepada percakapan di dunia nyata yang bertanggung jawab.

"Maka terselenggaralah ngopi seperti ini dan minati oleh semua anak bangsa ada ratusan tempat yang meminta dan menjadi kanal yang positif dan sehat, bagi lahirnya jalan pikiran yang sehat," sambungnya.

Kegiatan yang juga memiliki tajuk pawai kebangsaan itu disebut Fahri memiliki tujuan agar lahirnya sebuah percakapan yang positif.

Baca: Bawaslu Akan Lihat Kesesuaian Penerimaan Dana dan Realisasi Anggaran Kampanye Paslon

"Itulah tadi yang saya bilang kita lagi mengatur arus dari pikiran bangsa kita secara sehat karena disitu ada percakapan positif yang bertanggung jawab," ujarnya.

Tambahnya kegiatan itu dilakukan secara legal dan terbuka, bukan saling fitnah di media sosial, adu anonim dan bikin meme.

Maka dengan diskusi terbuka tersebut, menurutnya masyarakat jadi berani bicara depan umum, bahkan Fahri Hamzah akan menantang siapa yang berani menggugat fikirannya dan akan diberikan hadiah berupa buku untuk terus membuka alam pikiran manusia.

Baca: Karyawan PT Steadfast Marine Gelar Demo, Macet Panjang di Jalan Raya Batulayang

Selain itu Fahri juga mengatakan akan ada kepuasan dalam melakukan komunikasi publik antara dirinya dan masyarakat, dari pada hanya berdebat kusir di sosial media.

"Ini juga dalam rangka mensosialisasikan antisipasi terhadap 20 tahun reformasi, 20 tahun juga rute gelombang sejarah Indonesia yang bisa naik dan turun. Nah kita mengantisipasi gerakan turun, seperti gerakan di tahun 48," ujarnya.

Meski begitu Fahri menyatakan masyarakat wajib mempertahankan energi-energi positif dari peringatan 20 tahun reformasi tersebut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved