Ingin Menjadi Pendongeng? Anda Harus Pahami Ini

Dalam mengajarkan sang anak, sang anak harus menguasai jalan cerita dan memahami dulu jalan cerita dari dongeng

Ingin Menjadi Pendongeng? Anda Harus Pahami Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FERRYANTO
Sucipto atau yang lebih di kenal dengan pak cecep, sastrawan dan budayawan dari taman budaya Provinsi kalimantan Barat saat isi Workshop¬†mendongeng bagi guru PAUD, TK dan SD, yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan dan ke Arsipan Kabupaten Mempawah. Senin (7/05/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Sucipto atau yang lebih di kenal dengan pak cecep, sastrawan dan budayawan dari Taman Budaya Kalbar, telah menjadi narasumber dalam kegiatan workshop mendongeng bagi guru PAUD, TK dan SD, yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mempawah.

Dalam workshop ini, Cecep memaparkan cara - cara untuk bagaiamana para guru untuk mengajarkan sang murid dalam berdongeng yang terkadang sulit untuk di lakukan.

(Baca: Kapal Pengangkut Karet Bocor Perairan Laut Ketapang )

"Dalam mengajarkan sang anak, sang anak harus menguasai jalan cerita dan memahami dulu jalan cerita dari dongeng, agar tidak terlewat baris per baris dari jalannya," tuturnya.

Kemudian, ia menuturkan bahwa setelah sang anak memahami jalan cerita, sang anak di ajarkan untuk memahami karakter tokoh yang ada didalam cerita tersebut.

"Setelah mengenal dan memahami, baru si anak ini mampu menghidupkan karakter tokoh yang ada dalam cerita ini," ungkapnya.

Kemudian bila sang anak telah memahami karakter dalam cerita, sang anak harus mampu memainkan properti yang mereka bawa.

(Baca: Pamero: Generasi Muda Perlu Pembekalan Akademis dan Moral )

"Properti harus di gunakan, bukan hanya menjadi pajangan di atas panggung," tegasnya.

Dengan demikian, Cecep menekankan Sang guru harus mampu mengarahkan sang anak untuk melakulan hal - hal yang memang merupakan langkah awal dalam membimbing anak untuk menjadi pendongeng yang baik.

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved