Berita Video

Bikin Merinding! Saat Lansia Buta Aksara di Selakau Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Puluhan ibu-ibu lansia, kompak memadati 3 ruang kelas SDN 4, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kalbar pada Kamis (3/5/2018)..

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Inilah suasana Program Pengentasan Buta Aksara (huruf) di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, telah memasuki babak akhir.

Setelah sekitar 6 bulan, peserta didik dari kalangan warga berusia lanjut (Lansia), mengikuti proses belajar mengajar bersama sejumlah tutor (pengajar) dari Polsek Selakau, Koramil Selakau, Guru PAUD dan sejumlah relawan.

Babak akhir tersebut adalah ujian bagi peserta didik Kelompok Belajar "Bunga Desa", untuk menentukan apakah warga belajar masih buta atau sudah melek aksara.

Baca: Kapolsek Selakau Berikan Hadiah Alquran Kepada Lansia Buta Aksara

Puluhan ibu-ibu lansia, kompak memadati 3 ruang kelas SDN 4, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Kalbar pada Kamis (3/5/2018).

"Ujian dimulai tepat pukul 14.00 WIB. Peserta lansia yang mengikuti ujian pengentasan buta aksara, duduk rapi dibangku yang sudah tersusun dengan foto peserta yang tertempel pada meja dan pintu di masing-masing kelas, yang sudah dipersiapkan panitia ujian," ungkap Kapolsek Selakau, Iptu Ronald Deny Napitupulu.

Pihak panitia dalam hal ini jajaran Polsek Selakau beserta relawan pendidikan, juga menyiapkan makanan ringan seadanya.

Suasana yang cukup bikin merinding, saat para lansia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sebagai penanda, mereka kini telah terbebas dari buta aksara.

Senyum dan raut wajah bahagia, tersirat di wajah Asada, satu di antara peserta didik pengentasan buta aksara di Selakau sesaat hendak menghadapi ujian Keaksaraan Fungsional (KF).

"Saya sangat senang dan gembira, akhirnya pembelajaran buta huruf yang sudah berjalan 6 bulan ini kami akhiri dengan ujian. Doakan kami lulus dan mendapat sertifikat bebas buta aksara (huruf). Sehingga di bulan Oktober nanti, kami bisa mengikuti, lulus dan lolos serta mendapatkan sertifikat Paket A," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved