13.640 Calon Mahasiswa Ikut Tes Tertulis SBMPTN, Mendagri Untan: Imbangi Transparansi Universitas

Berdasarkan data panitia jumlah peminat yang ikut tes SBMPTN meningkat kurang lebih 3.26 persen dari tahun sebelumnya.

13.640 Calon Mahasiswa Ikut Tes Tertulis SBMPTN, Mendagri Untan: Imbangi Transparansi Universitas
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Suasana Tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Selasa (8/05/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Hari ini tidak kurang dari 13.640 calon mahasiswa yang ikut melaksanakan tes tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Tanjungpura.

Tes tersebut meliputi Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), Selasa (8/05/2018).

Berdasarkan data panitia jumlah peminat yang ikut tes SBMPTN meningkat kurang lebih 3.26 persen dari tahun sebelumnya.

Baca: Untan Buka 1.877 Kursi Pada SBMPTN 2018, Jurusan Apa Paling Tinggi

Bagaikan gayung bersambut, peningkatan 3,26 persen tersebut disambut positif oleh berbagai kalangan termasuk BEM KBM Untan.

Ditemui setelah pelaksaanan tes SBMPTN Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Untan Hendri menyambut baik peningkatan jumlah peminat di kampusnya tersebut.

Namun demikian Hendri juga memberikan catatan kepada pihak kampus untuk tetap menjaga Transparansi dan memberikan Try Out kepada calon mahasiswa.

"Pertama dengan meningkatnya peminat Mahasiswa dengan kampus Untan ini diharapkan kampus lebih terbuka dalam mengelola Badan Layanan Umum (BLU) dan Sumbangan Pembangunan Infrastruktur (SPI). Selain itu saya juga meminta kalau bisa dari pihak Untan juga melaksanakan Try Out jangan hanya lembaga luar, untuk apa? biar daya tarik untuk masuk ke Untan bisa lebih banyak," ujarnya.

Baca: Bupati KKU: Tingkat Konsumsi Warga Lebihi Pasokan SDA

Menurut Hendri permasalahan transparansi dan keterbukaan serta dana kuliah terus menerus menjadi permasalahan di Untan setiap tahunnya.

Oleh karenanya Hendri berharap dengan meningkatkannya jumlah peminat Mahasiswa ini Untan bisa lebih terbuka dalam pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) dan Sumbangan Pembangunan Infrastruktur (SPI).

Selain itu, Hendri juga berpesan kepada adik-adik Calon Mahasiswa yang nanti lulus, Agar serius dalam berkuliah jangan hanya jadi Mahasiswa yang fokus di Akademik tapi juga harus aktif di non akademik.

"Jangan hanya tahunya kuliah, karena dana kuliah akan jadi permasalahan dan itu harus di ketahui oleh calon mahasiswa baru. Selain itu juga UKT tidak akan berubah dari masuk kuliah sampai pada Kelulusan Mahasiswa," timpalnya.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved