Dokter Berhasil Angkat Tumor Seberat 60 Kilogram dari Tubuh Pasien, Kondisi Pasca Operasi?

Tentang tumor ovarium musinosum 15 persen pasien dengan tumor ovarium adalah pasien dengan tumor ovarium musinosum.

Dokter Berhasil Angkat Tumor Seberat 60 Kilogram dari Tubuh Pasien, Kondisi Pasca Operasi?
Foto: Masayuki Shintaku et al.
Tumor 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dokter berhasil mengangkat tumor ovarium musinosum seberat hampir 60 kilogram milik seorang wanita asal Connecticut, AS.

Pasien 38 tahun yang tidak disebutkan namanya itu mengaku tumornya terus tumbuh sekitar 4,5 kilogram setiap minggu sejak November 2017.

Dr. Vaagn Andikyan, ahli onkologi ginekologi dan ahli bedah dari Western Connecticut Health Network yang terlibat dalam kasus ini mengatakan, ada 12 ahli bedah yang terlibat dalam operasi pengangkatan tumor terbesar sepanjang sejarah.

Operasi berlangsung selama lima jam dan dilakukan pada 14 Februari 2018 di Rumah Sakit Danbury, Connecticut, AS.

"Kami berhasil mengangkat tumor raksasa yang berasal dari indung telur kirinya. Kami harus mengangangkat indung telur dan tabung fallopi sebelah kirinya, juga membuang jaringan peritoneum yang menempel pada ovarium," kata Andikyan dilansir CNN, Kamis (3/5/2018).

Baca: Leher Ruslan Makin Membesar, Keluarga Terkendala Biaya Operasi Tumor

Menurut Andikyan, tumor berasal dari sel-sel epitel yang melapisi ovarium dan musinosum, diisi oleh zat gelatin yang diproduksi sel tumor.

" Tumor ovarium musinosum cenderung besar. Tapi tumor sebesar ini sangat jarang dalam literatur. Mungkin ini 10 sampai 20 kali lipat besarnya dari yang pernah ditemukan sebelumnya," ujarnya.

Secara teknis, tumor jenis ini tergolong jinak dan belum menyebar ke luar ovarium. Namun karena ukurannya yang luar biasa telah menekan pembuluh darah terdekat dan hal itu dapat membahayakan nyawa pasien.

"Ada banyak masalah yang berkaitan dengan tumor raksasa di dalam perut ini. Dia tidak bisa makan, tidak bisa berjalan, dan ada masalah yang berkaitan dengan komplikasi mengingat ukuran tumor yang dapat menekan vena.

Halaman
123
Editor: madrosid
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved