Untan Inovation Entrepreneurship Expo 2018, Rumah UPPO Kelola Sampah Jadi Pupuk

"Tujuan dari pengolahan sampah organik Pasar Flamboyan adalah untuk mengaplikasikan pupuk kami sebagai media tanam.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Owner Rumah UPPO, Reno Pati Menunjukkan produk pertaniannya pada Tribun, Sabtu (5/05/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Dalam rangka Dies Natalis ke-59, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menyelenggarakan sebuah event kreatif dan inspiratif yang kali pertama dilaksanakan pada tahun ini, yakni Untan Innovation & Entrepreneurship Expo 2018 (UNIEx), Sabtu (5/5).

Satu di antara pemenang lomba ide bisnis yang dipamerkan dalam event tersebut adalah Rumah Unit Pengolahan Pupuk Organik (Rumah UPPO).

Owner dari Rumah UPPO, Reno Pati mengatakan, tema yang mereka angkat dalam kompetisi tersebut adalah isu lingkungan berbasis back to nature (kembali ke alami).

Dengan dengan produk unggulan yaitu pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik dan juga pupuk cair.

"Tujuan dari pengolahan sampah organik yang ada di Pasar Flamboyan ini adalah untuk mengaplikasikan pupuk kami sebagai media tanam di perumahan komplek juga kalangan mahasiswa," ujarnya.

Menurut Retno, mengapa mereka tertarik mengambil peluang bisnis di bidang pertanian, khususnya pengelolaan sampah organik tersebut adalah karena setiap harinya sedikitnya ada dua ton sampah organik yang tidak dikelola di Pasar Flamboyan Pontianak.

Maka untuk itu pihaknya berinisiatif untuk turut ambil bagian dalam pengelolaan sampah tersebut dan mengambilnya sebagai peluang bisnis.

"Satu hari dua ton sampah organik di Flamboyan, itu peluang yang sangat besar bagi usahabat," Ungkapnya kepada Tribun.

Namun demikian, untuk mengolah dan memaksimalkan potensi yang besar tersebut pihaknya memiliki kendala terutama dibidang keuangan.

Halaman
12
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved