Pemprov Kalbar Komitmen Implementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menjadi ujung tombak pengimplementasian UU KIP di Badan Publik

Pemprov Kalbar Komitmen Implementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Karo Humpro Setda Provinsi Kalbar H Syarif Yusniarsyah sampaikan sambutan saat buka Rakor Tugas Fungsi Pengelolaan Informasi Daerah di Hotel Golden Tulip, Kamis (3/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Karo Humpro Setda Provinsi Kalbar H Syarif Yusniarsyah menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar punya Komitmen mengimplementasikan Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik dengan sebaik-baiknya.

Provinsi Kalbar telah memiliki Komisi Informasi Provinsi (KIP) yang terbentuk dengan Keputusan Gubernur Kalbar Nomor : 440/HUMPRO/2014 tentang Penetapan Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalbar Tahun 2014 – 2018, tanggal 8 September 2014.

Baca: Prajurit Pol TNI Pulau Subi Gotong Royong Bangun Jalan Desa

“Pembentukan Komisi Informasi Provinsi diharapkan menjadi penggerak keterbukaan informasi publik dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel melalui pemenuhan hak masyarakat atas informasi publik,” ungkapnya.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menjadi ujung tombak pengimplementasian UU KIP di Badan Publik sudah terbentuk di Provinsi Kalbar sejak Tahun 2011.

Baca: Pemprov Kalbar Minta PPID Bekerja Optimal Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

“Pelayanan informasi publik oleh PPID selalu kita tingkatkan setiap tahunnya dan pada tahun 2016 sudah diterbitkan Peraturan Gubernur Kalbar Nomor 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi di Lingkungan Pemprov Kalbar,” katanya.

Ia mengatakan Pemprov Kalbar mendapat peringkat pertama dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017 kategori Pemerintah Provinsi yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat, penganugerahannya diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI kepada Gubernur Kalbar.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama PPID Utama, PPID OPD di lingkungan Pemprov Kalbar beserta PPID Utama Kab/Kota se Kalbar, serta dukungan dan kerjasama Komisi Informasi Pusat dan Komisi Informasi Provinsi Kalbar, semoga kerjasama yang baik ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” tukasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved