Donor Darah Cara Membantu Orang Lain Sekaligus Jaga Kebugaran Tubuh

Sembari membantu orang lain yang membutuhkan darah dan mengaplikasikan kepedulian kepada sesama.

Donor Darah Cara Membantu Orang Lain Sekaligus Jaga Kebugaran Tubuh
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Dosen Fakultas Kedokteran Untan, M Ali,  berpose saat dijumpai di sela-sela acara donor darah HKPMS , Sabtu (05/05/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada alasan-alasan penting kenapa donor darah sebenarnya adalah kebutuhan bagi si pendonor sendiri. Terutama bila ditinjau dari aspek kesehatan.

"Donor sangat baik untuk kesehatan, khususnya untuk regenerasi darah. Jadi sebenarnya setiap orang butuh mendonorkan darahnya," ujar Muhammad Ali Maulana (33), di sela-sela agenda donor darah yang digelar KSR PMI Untan, Sabtu (5/5/2018).

Pria yang berprofesi sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Untan ini menuturkan, dengan demikian, mendonorkan darah berarti pula upaya seseorang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sembari membantu orang lain yang membutuhkan darah dan mengaplikasikan kepedulian kepada sesama.

Baca: Apresiasi Kegiatan Komunitas Aksi Sedekah Pendidikan, Asisten III Kota Pontianak Ungkap Manfaatnya

Lebih lanjut, donor darah akan berikan efek yang lebih baik jika dilakukan secara periodik. Dalam pandangannya, sekali dalam tempo tiga bulan.

"Dalam waktu tiga bulan, kita sebenarnya punya kebutuhan untuk menstabilkan Hb (hemoglobin) kita. Dan itu bisa dicapai dengan donor darah," timpalnya.

Lantas apa jadinya jika seseorang tidak pernah atau tidak mau mendonorkan darahnya sama sekali?. Tentu sesuatu yang tak begitu baik secara kesehatan.

"Jika tidak donor, ada kemungkinan Hb kita akan lebih besar. Kondisi itu tentu tidak terlalu baik dari segi kesehatan," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved