Berita Video

Tau Kesenian Singo Barong? Kesenian Khas Jawa Tersebut Juga Biasa dipertunjukkan di Pontianak

"Singo barong itu menggambarkan keangkara murkaan atau kejahatan, dikalahkan dengan pasukan kuda lumping yang bisa mengalahkan mereka...,"

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Meski di Pontianak, beberapa kesenian khas Jawa seperti singo barong, kuda lumping, seni reog ponorogo dan kuda lumping.

Paguyuban Jawa Kalbar secara temporer dan momen tertentu kerap menampilkan kesenian jawa guna mengobati rindu akan kampung halaman.

Baca: Berkunjung di Pontianak, Jangan Lewatkan Naik Kapal Wisata dan Nikmati Keindahan Pontianak

Pada kesempatan ini tribun pontianak ingin mengulas tentang kesenian singo barong yang baru-baru ini dipertunjukan oleh paguyuban jawa kalbar.

Menurut Sekretaris Umum Paguyuban Kalbar Edi Suhairul mengatakan Filososfi dari permainan singo barong menggambarkan sekuat dan sehebat apapun angkara murka, akan sirna dan dikalahkan denga kebaikan dan kesatuan serta persatuan.

Baca: Meski Tengah Cuti, Sutarmidji Tetap Diganjar Penghargaan Bergengsi

"Singo barong itu menggambarkan keangkara murkaan atau kejahatan, dikalahkan dengan pasukan kuda lumping yang bisa mengalahkan mereka padahal Singo barong itu kuat dan sangat sakti," ujarnya.

Konon Singo barong itu adalah perwujudan Pendekar yang sakti mandraguna yang bisa merubah diri mereka menyerupai singa, penjaga perbatasan Hutan di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Sehingga tidak satupun orang yg bisa melewati hutan itu, akan tetapi Ada Ksatria yang selalu berbuat kebaikan dan dengan membawa pasukan berkuda bersenjatakan pecut (cambuk) bisa mengalahkan Singo Barong perwujudan pendekar penjaga hutan dan ksatria itu kemudian mengutuk penjaga hutan itu sehingga tidak dapat lagi merubah diri menjadi manusia lagi dan dinamai Singo Barong

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved