Ini Langkah Kemendag RI Untuk Jaga Stabilitas Harga dan Stok Barang Kebutuhan Pokok

Selain mengidentifikasi, saya juga ingin mengetahui bagaimana antisipasinya dan jalur distribusinya.....

Ini Langkah Kemendag RI Untuk Jaga Stabilitas Harga dan Stok Barang Kebutuhan Pokok
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Karyanto Suprih berfoto bersama saat menerima cinderamata dari Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemprov Kalbar, Ana Verdiana Imam Kalis saat rapat koordinasi (rakor) stabilitas harga dan stok barang kebutuhan pokok di daerah menjelang puasa dan lebaran 2018/1439 Hijriyah di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (3/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Karyanto Suprih mengatakan keikutsertaan dirinya dalam rapat koordinasi (rakor) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar adalah guna mengindentifikasi apa-apa saja permasalahan untuk menghadapi hari besar keagamaan nasional, khususnya jelang Puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

“Selain mengidentifikasi, saya juga ingin mengetahui bagaimana antisipasinya dan jalur distribusinya,” ungkapnya kepada awak media saat diwawancarai usai rapat koordinasi (rakor) stabilitas harga dan stok barang kebutuhan pokok di daerah menjelang puasa dan lebaran 2018/1439 Hijriyah di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (3/5/2018).  

Baca: Stok Pangan di Pontianak Aman, Pemkot Siapkan 2500 Ekor Sapi dan 10 Ton Telur

Berdasarkan identifikasi saat rakor, ia mendapatkan informasi harga beberapa bahan kebutuhan pokok stabil.  Kendati ditemui kondisi, ada beberapa daerah tertentu alami kenaikan harga lantaran keterbatasan akses dan jarak jauh.

“Ya, seperti di Kapuas Hulu. Namun, tadi sudah didiskusikan untuk daerah yang surplus akan menyuplai ke daerah yang defisit,” terangnya.

Karyanto menimpali sebagai langkah antisipasi tingginya angka permintaan, Pemerintah melalui Kemendag RI mengintruksikan kepada PT BULOG untuk mensuplai barang kebutuhan pokok masyarakat, terutama beras dan daging beku.

“Berapapun kebutuhannya harus dipenuhi. Intinya, rakor yang difasilitasi Pemprov Kalbar ini saya anggap produktif dan jadi pelajaran berharga,” jelasnya.

Baca: Bulog Kalbar Jamin Stok Komoditas Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

Kemendag RI akan berupaya jamin pasokan barang kebutuhan pokok tersedia di tingkat daerah. Jika pasokan tersedia, kata dia, tidak ada alasan barang naik.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved