Citizen Reporter

Gelar Seminar, AMIK BSI Pontianak Optimis Lolos PKM 2018

Bidang Kemahasiswaan AMIK BSI Pontianak, telah melaksanakan Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa.

Gelar Seminar, AMIK BSI Pontianak Optimis Lolos PKM 2018
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di Aula AMIK BSI Pontianak, Jalan Abdurrahman Saleh No. 18A Pontianak pada Rabu (25/04/2018). 

Citizen Reporter
Anna
Media Relation BSI

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bidang Kemahasiswaan AMIK BSI Pontianak, telah melaksanakan Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di Aula AMIK BSI Pontianak, Jalan Abdurrahman Saleh No. 18A Pontianak pada Rabu (25/04/2018).

Seminar yang diikuti sebanyak 750 peserta itu, terdiri dari gabungan semester 2 dan 4 mahasiswa AMIK BSI Pontianak.

Seminar dibagi menjadi tiga sesi, yakni sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB, sesi kedua 13.00 WIB, dan sesi ketiga 19.00 WIB.

Adapun pemateri merupakan dosen yang pernah membimbing PKM sebelumnya yaitu Yoki Firmansyah, M.Kom, Windi Irmayani, SE, M.Kom dan Sri Murni, M.Kom.

Baca: Inspiratif! Kisah Perjuangan Annabella, Tak Bisa Menelan Hingga Lupa Bernapas Saat Tidur

Menurut Sri Murni, seminar PKM yang dilaksanakan bertujuan agar mahasiswa mampu menjadi mahasiwa yang kreatif dan memiliki inovasi dalam pengembangan ilmu yang dipelajari dan dapat menggali kemampuan diri sesuai bidang yang telah disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.

"Dengan adanya PKM, akan muncul banyak ide kreatif dan inovatif dari mahasiswa yang akan diusulkan untuk PKM pendanaan tahun 2018. Sehingga ide-ide tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat karena sejatinya menjadi mahasiswa harus memiliki wawasan yang luas, banyak pengalaman dan mampu bersaing,  " katanya.

Sri juga menerangkan, bahwa ide - ide yang dituangkan dalam membuat proposal PKM semestinya tidak harus dengan ide yang begitu rumit, cukup dengan ide sederhana, unik namun sesuai dengan kebutuhan dan permaslahan yang ada serta dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semakin banyak mahasiswa yang berkontribusi dengan ide-ide yang kreatif, harapan yang besar agar hal itu dapat memberikan kemajuan kampus, ” jelas Sri.

Sementara Yoki menjelaskan, ada 7 jenis PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa yaitu PKM-P merupakan PKM yang dikhususkan untuk sebuah penelitian, PKM-T program bantuan teknologi untuk masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan, PKM-K program pengembangan dibidang kewirausahaan dan targetnya adalah profit, PKM-M untuk pengabdian masyarakat, PKM-KC program penciptaan atas karsa dan naluri masasiswa, PKM-AI program penulisan artikel ilmiah biasa berdasarkan dari kegiatan pengabdian masyarakat atau penelitian yang telah dilakukan, PKM-GT penulisan artikel ilmiah yang berdasarkan ide atau gagasan mahasiswa.

“PKM yang ditekan pada mahasiwa BSI Pontianak adalah PKM-KC, PKM-M, dan PKM-K karena sesuai dengan dengan prodi yang ada di AMIK BSI Pontianak yaitu Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Akan tetapi jika ada mahasiswa yang mampu mengikuti jenis PKM yang lain maka itu lebih baik, ” tutur Yoki.

Sementara Windi yang juga pemateri berharap, agar seminar tersebut dapat menjadi kompor yang memanasi semangat mahasiswa untuk menunjukkan eksistensi mereka sebagai “agent of change”.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved