Hal-hal Kecil yang Berarti Penting Dalam Upaya Bela Negara

Banyak cara yang bisa dilakukan seorang anak bangsa dalam membela negara. Khususnya pelajar, yang jadi bagian dari pemuda penerus bangsa.

Hal-hal Kecil yang Berarti Penting Dalam Upaya Bela Negara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, Beni Saputra, berpose di sekolahnya, Sabtu (28/04/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Banyak cara yang bisa dilakukan seorang anak bangsa dalam membela negara. Khususnya pelajar, yang jadi bagian dari pemuda penerus bangsa.

"Bahkan hal-hal kecil yang bisa dilakukan sebagai wujud bela negara. Jadi tidak mesti lewat sebuah langkah atau aksi besar saja," ujar Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1, Beni Saputra (18), Sabtu (28/04/2018).

Siswa kelas XI IPS 4 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak ini menilai, hal-hal yang tampak kecil pada banyak konteks justru bisa menjadi aksi besar. Seperti upaya giat belajar yang dilakukan seorang pelajar dalam konteks bela negara.

"Menjadi siswa yang belajar dengan sungguh-sungguh saja itu sudah bisa jadi bagian dari upaya bela negara. Lewat hal-hal kecil, tapi dampaknya terasa," lanjutnya.

Baca: Pewaris Negara, Anak Muda Harus Punya Semangat Bela Negara

Bukannya tanpa sebab. Ia menilai, satu permasalahan yang kerap dihadapi pelajar dan pemuda saat ini adalah isu kenakalan remaja.

Kenakalan remaja, bisa menimbulkan berbagai dampak-dampam lanjutan yang menjadi ancaman bagi negara.  Khususnya dalam konteks rusaknya generasi penerus bangsa akibat kenakalan remaja.

Karenanya, mengindari kenakalan remaja dan giat belajar sekilas mungkin tampak jadi hal kecil yang remeh remeh. Tapi menurutnya, hal tersebut justru menjadi upaya sederhana yang berdampak besar dalam upaya bela negara.

Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved