Tenggat Pemblokiran Penuh Kartu SIM per 30 April, Ini Peringatan ATSI pada Pelanggan

Pemerintah mematok tenggat untuk registrasi kartu SIM prabayar hingga 30 April 2018

Tenggat Pemblokiran Penuh Kartu SIM per 30 April, Ini Peringatan ATSI pada Pelanggan
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah mematok tenggat untuk registrasi kartu SIM prabayar hingga 30 April 2018 atau sekitar satu pekan dari sekarang. Per 1 Mei 2018, nomor-nomor yang belum terdaftar bakal diblokir sepenuhnya.

Karenanya, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengingatkan masyarakat yang belum mendaftarkan kartu SIM prabayarnya untuk tak lagi menunda-nunda.

“ATSI tidak imbau lagi tetapi minta semua pelanggan yang belum mendaftar untuk segera mendaftarkan sebelum 30 April,” kata Ketua Umum ATSI, Merza Fachys, Senin (23/4/2018), di Kantor ATSI, Kuningan, Jakarta.

“Setelah itu tidak ada registrasi ulang melainkan registrasi kartu baru yang tata caranya seperti disosialisasikan sejak 31 Oktober,” ia menambahkan.

Baca: Ternyata Ini Tujuan Diharuskannya Registrasi Kartu SIM Card

Registrasi kartu baru merujuk pada kartu SIM prabayar yang dibeli pasca periode registrasi berakhir. Mekanismenya serupa dengan registrasi ulang, yakni menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sang pelanggan.

Diketahui, periode registrasi kartu SIM prabayar dimulai pada 31 Oktober hingga 28 Februari 2018. Lewat dari itu, pelanggan yang belum mendaftar dibatasi aksesnya ke layanan SMS dan telepon.

Selanjutnya, ada kesempatan dari 1 Maret hingga 30 April untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar. Jika masih saja lalai, maka akan dilakukan pemblokiran penuh.

“Sebenarnya setelah 30 April nomor yang telah diblokir masih bisa register agar blokirnya dicabut. Namun harus datang ke gerai resmi operator, tidak bisa lagi daftar sendiri,” Merza menjelaskan.

Baca: Nomor Lama Terblokir Akibat Tak Registrasi Ulang, Ternyata Masih Bisa Digunakan dengan Proses Ini

Hingga kini, berdasarkan hasil rekonsiliasi dan penghitungan terbaru, ada sekitar 328 juta kartu SIM prabayar yang berhasil terdaftar dan tervalidasi oleh database Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Fatimah Kartini Bohang)

SUMBER: https://tekno.kompas.com/read/2018/04/24/06542637/sepekan-jelang-1-mei-asosiasi-minta-pelanggan-tak-tunda-registrasi-kartu

Editor: haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved