Pilkada Serentak

KPU Singkawang Adakan Pagelaran Seni Budaya Membagun Pemilih Berdaulat

Melalui pagelaran seni budaya ini juga, jelas Ramdan, diharapkan partisipasi pemilih bisa ditingkatkan.

KPU Singkawang Adakan Pagelaran Seni Budaya Membagun Pemilih Berdaulat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Ketua KPU Kota Singkawang, Ramdan, 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar pagelaran seni budaya membagun pemilih berdaulat guna menyukseskan Pemilu serentak di Mess Daerah, Sabtu (21/4/2018).

“Pagelaran seni dan budaya dalam rangka menyosong satu tahun pemilu seretak 2019,  jadi kegiatan ini memang kegiatan nasional yang dilaukan KPU, kegiatan ini dalam rangka mengingkatkan masyarakat kita bahwa  satu tahun kedepan pemilu serentak legislatif dan Pemilihan Presiden 17 April 2019,” ujar Ketua KPU Singkawang, Ramdan.

(Baca: Jadi Agenda Tahunan, Ketua Panitia Harapkan Lokasi Strategis Bagi Kicau Mania Mempawah )

Dia menjelaskan, terkait dengan persiapan dengan pelaksanaan pemilu serentak sekarang ini  sudah ada  penetapan Parpol yang akan mengikuti Pemilu serentak 2019 sebanyak  16 partai ditambah 14 partai lokal Aceh.

Sedangkan untuk Kota Singkawang sendiri, kata Ramdan, sudah ditetapkan daerah pemilihan diantaranya Dapil Satu yaitu Singkawang Barat sebanyak 8 kursi, Dapil Dua Singkawang Tengah sebanyak 8 kursi, Dapil Tiga Singkawang Utara dan Singkawang Timur sebanyak 7 kursi, dan Singkawang Selatan sebanyak 7 kursi.

“Jadi nanti ada 16 parpol yang akan memperebutkan 30 kursi yang akan diperebutkan bakal calon legislatif, sehingga totalnya ada 480 caleg yang akan dibagi empat dapil, sehingga sebanyak 450 bakal calon legislatif yang akhirnya akan tereliminasi," katanya.

Baca: 12 Finalis Lanceng dan Praben Bersaing di Malam Grand Final

Ramdan mengungkapkan untuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT) sebanyak 147.219 yang nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilpres dan Pileg.

“Dengan pagelaran seni budaya lokal ini menghimpun dan mengajak masyarakat untuk berperan serta salah satunya meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Singkawang yang sebelumnya 58,79 persen,” katanya.

Melalui pagelaran seni budaya ini juga, jelas Ramdan, diharapkan partisipasi pemilih bisa ditingkatkan. 

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved