Breaking News:

Kominfo Kalbar Dorong Efektivitas Pelayanan Informasi Publik Sektor 

Keterbukaan Informasi merupakan sarana sebagai prinsip transparansi dan partisipasi publik dalam proses tata kelola yang baik.

TRIBUPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Rapat pelayanan publik 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat menggelar pertemuan regional Komisi Informasi Provinsi se-Kalimantan di Hotel Aston Pontianak, Rabu (18/4/2018).

Pertemuan tersebut dalam upaya mendorong keterbukaan badan publik sektor hutan dan lahan yang berlangsung selama dua hari yaitu pada 17-18 April 2018.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat Rospita Vici Paulyn menyampaikan bahwa saat ini badan publik di sektor TKHL menjadi perhatian khusus.

"Keterbukaan Badan Publik di sektor TKHL saat ini menjadi perhatian KI, hal itu disebabkan karena kurangnya keterbukaan informasi pada sektor tersebut, khususnya berkaitan dengan perijinan, ketersediaan data, serta kebijakan," katanya.

Baca: Selalong Wakili Sekadau Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

Padahal menurutnya, Keterbukaan Informasi merupakan sarana sebagai prinsip transparansi dan partisipasi publik dalam proses tata kelola yang baik.

" Salah satu indikator dalam tata kelola hutan dan lahan yang baik, dapat dilihat dari partisipas publik yang baik dan signifikan, baik dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan, " terangnya.

Sementara di Indonesia, keterbukaan informasi pada sektor TKHL masih minim.

" Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa sektor lahan dan SDA cenderung masih menutup ruang kepada publik untuk mengakses informasi maupun dokumen-dokumen yang berkaitan dengan TKHL, " katanya.

Halaman
12
Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved