Prajurit Lantamal XII Pontianak latihan Komunikasi Sosial dengan Nelayan Sui Kakap

Sejumlah prajurit Lantamal XII Pontianak di terjunkan di lapangan untuk melakukan latihan lapangan komunikasi sosial

Prajurit Lantamal XII Pontianak latihan Komunikasi Sosial dengan Nelayan Sui Kakap
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMANSYAH
Latihan Teknis lapangan Komunikasi Sosial Prajurit TNI AL dengan masyarakat nelayan Sui Kakap 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Sejumlah prajurit Lantamal XII Pontianak di terjunkan di lapangan untuk melakukan latihan lapangan komunikasi sosial pada Kamis (12/4/2018) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa Sui Kakap.

Latihan teknis komunikasi sosial (Komsos) yang langsung di pimpin oleh Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Drs. Mulyono kepada para Prajurit TNI AL yang bertugas di Pos TNI AL (Posal) di Sui Kakap.

Baca: PJ Gubernur Kalbar Harap Pilkada di Kalbar Berlangsung Aman dan Tertib

Kadispen Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tribudiono menuturkan pelatihan tehnis praktek berkomunikasi kepada masyarakat nelayan di pimpin langsung kadispotmar lantamal XII ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktek di lapangan sebenarnya di tengah - tengah masyarakat nelayan.

"Sebelum pelaksanaan latihan praktek berkomunikasi , peserta diberikan pembekalan tentang pola hidup sehat di kapal, hukum pidana di laut, pembinaan teritorial maritim maupun pengetahuan tentang perikanan,"katanya

Lanjutnya, untuk Latihan tehnis praktek berkomunikiasi langsung kepada masyarakat nelayan ini bagian dari latihan pembinaan teritorial maritim di bawah pembinaan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII. Pelatihan bagi prajurit Posal ini sangat penting sebagai bekal para prajurit dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas ,dimana para prajurit harus mampu memahami dan mengimplementasikan binter potmar sebagai fungsi tugasnya yang menempati penugasan di Pos TNI AL wilayah kerja lantamal XII.

Irawan pun berharap Di dalam pelaksanan praktek lapangan, peserta dibagi beberapa kelompok, untuk dilatih berkomunikasi langsung kepada para nelayan sekitar dengan berbagai persoalan yang dihadapi, selanjutnya para peserta membawa permasalahan masyarakat nelayan di dalam forum diskusi yang disaksikan Kadispotmar dan staf potmar lantamal XII, agar para peserta dapat mampu, menyelesaikan permasalahan dan mampu memberi solusi permasalahan di tengah masyarakat.

Baca: Kejutan, Salzburg Tumbangkan Lazio, Ini 4 Tim Semifinalis Liga Europa

Kegiatan latihan ini diikuti seluruh prajurit pengawak Posmat, Posal jajaran lantamal XII,serta masyarakat nelayan sekitar.

Sementara Kadispotmar Lantamal XII Pontianak menambahkan dengan menyampaikan tujuan dan harapan tersebut adalah melatih prajurit lantamal XII agar mampu memiliki keterampilan dalam hal berkomunikasi khususnya kepada masyarakat merupakan suatu pembinaan potensi maritim diwilayah kerja lantamal XII, dengan adanya latkomsos prajurit dapat melaksanakan fungsi tugasnya apabila prajurit itu ditugaskan di posmat dan posal.

Sehingga Kemampuan berkomunikasi itu perlu dilatih karena dengan berlatih Prajurit Angkatan Laut Lantamal XII dapat melaksanakan fungsinya berkomunikasi khususnya dengan masyarakat maritim, karena banyak sekali permasalahan permasalahan yang dihadapi para nelayan baik mulai dari kontribusi sebelum melaut yaitu bekal bahan bakar kapal, kelengkapan surat-surat kapal maupun bekal alat keselamatan di kapal, karena diketahui bersama akhir akhir ini cuaca sangat extrim atau tidak kondusif, itu perlu dibekali untuk keselamatan berlayar khusunya Life jacket harus ada, radio komunikasi, juga memiliki obat obatan yang bermanfaat apabila terjadi sesuatu di laut.

Dengan bekal tersebut para nelayan dapat menggunakan kelengkapan berupa radio komunikasi apabila terjadi Acciedent apapun mereka dapat berkomunikasi dengan pos Angkatan Laut yang terdekat dan bila memungkinkan Prajurit TNI AL di pos akan menjemput ke lokasi untuk membantu dan mengatasi permasalahan yang ada .

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: listya sekar siwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved