Gejala Pekerjaan Tidak Sesuai Passion

Kebalikannya jika pekerjaan itu bukan passsionnya maka akan muncul gejala antara lain : pekerjaan dapat dilakukan secara terpaksa...

Gejala Pekerjaan Tidak Sesuai Passion
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ana Sesar Andani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Banyak polemik kerjaan yang bisa kita hadapi termasuk apakah pekerjaan kita saat ini merupakan passion atau bukan?

Seperti pertanyaan Rahmat dibawah berikut yang akan diberikan jawabannya oleh dr. Chairul Fuad selaku Motivator Karir.

Baca: Andika Kerispatih Meninggal Dunia, Begini Perjalanan Karir Hingga Riwayat Sakit

Baca: Ternyata Wajah Artis Korea ini Punya Tinggi Tak Semungil Wajahnya

"Assalamu'alaikum Pak, Salam Optimis!

Pak saya mau tau dong gimane cara tau kalo kerjaan kita sekarang itu memang passion kite pak?"
Rahmat, (24 Singakwang)

Jawaban:
"Selamat pagi dan salam optimis.
Saudara Rahmat, dalam kenyataannya memang tidak semua orang memperoleh pekerjaan sesuai dengan passionnya dikarenakan oleh banyak sebab, seperti lapangan kerja terbatas, terpaksa bekerja karena belum mendapatkan pekerjaan sementara kebutuhan sudah mendesak, dan lain sebagainya.

Di antara tanda-tanda tidak sesainya antara passion dengan pekerjaan yang dilakoni secara umum sebenarnya dapat dilihat dari apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan basic science (keilmuan yang dimiliki) dengan pekerjaan tersebut. Selanjutnya beberapa tanda yang dapat dilihat apabila sesuai dengan passion seseorang adalah sebagai berikut : pekerjaan itu menjadikan orang bekerja dengan terpaksa (tidak ikhlas), pekerjaan itu memberikan kesenangan/kebahagiaan (happiness), pekerjaan itu memberikan kepuasan (satisfaction), pekerjaan itu memberikan semangat (spirit) sehingga memberikan motivasi (rajin), pekerjaan itu merupakan tantangan yang membuat seseorang menjadi kreatif, pekerjaan itu dapat menjadikan seseorang untuk berkembang, pekerjaan itu dapat menjadikan seseorang inovatif, pekerjaan itu menjadikan seseorang bertanggung jawab, pekerjaan itu membangkitkan seseorang untuk selalu belajar, pekerjaan itu menjadikan seseorang tetap betah untuk tidak pindah kerja.

Kebalikannya jika pekerjaan itu bukan passsionnya maka akan muncul gejala , antara lain : pekerjaan dapat dilakukan secara terpaksa, tidak bahagia, malas, sering komplain/tidak puas, sulit berkembang, tidak semangat untuk berubah, tidak kreatif, tidak berkembang, tidak inovatif, bekerja seadanya, tidak bertanggung jawab, dan tidak betah. Namun semua hal itu dapat diatasi apabila seseorang mau belajar dan berlatih untuk melakukan adaptasi dan adopsi terhadap sesuatu yang berbeda dengan keilmuan atau bakat dirinya.

Semoga bermanfaat, salam optimis !"

Penulis: Mia Monica
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved