771 SMA/SMK Sederajat di Kalbar Laksanakan UNBK

Khusus untuk SMA/SMK disebutnya seratus persen mengikuti UNBK yang berjumlah 711 sekolah yang tersebar di seluruh daerah.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Suasana UNBK Sesi 3 di SMA N 1 Mempawah Hilir, senin (09/04/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Syafrudin memastikan proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) pada hari pertama bisa berlangsung dengan lancar.

Ia menjelaskan saat ini UNBK tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dilaksanakan mulai tanggal 9 - 12 April 2018. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan dari tanggal, 23 - 26 April 2018.

Hari pertama pelaksanaan ujian, khusus untuk SMA/SMK disebutnya seratus persen mengikuti UNBK yang berjumlah 711 sekolah yang tersebar di seluruh daerah.

“Untuk persiapan sudah dilaksanakan sebanyak empat kali seluruh proktor sekolah telah kita undang dan diberi pelatihan agar bisa menanggani pelakasanaan UNBK disetiap sekolah dengan benar dan lancar,” kata Syafrudin, Senin (9/4/2018).

Baca: Hari Perdana, 3.406 Pelajar SMA Landak Ikut UNBK

Untuk tahun ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA Sederajat melaksanakan empat mata pelajaran yang diujikan yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran pilihan.

Pelaksanaan UNBK dianggap sebagai upaya memberikan pengamanan berlapis pada sistem pelaksanaan ujian, hal iti untuk menghindari penyebaran kunci jawaban.

"Sekarang bagaimana kita mau cari kunci jawaban sementara jumlah naskah itu hampir 53 ribu itu artinya pengamanan sudah berlapis termasuk pengamanan dari gangguan hacker itu sudah diantisipasi dari pusat," tegasnya.

Kemudian naskah soal bisa di download paling cepat 30 menit sebelum waktu ujian, sehingga dapat dipastikan pengamanan terhadap soal-soal ujian sangat ketat.

Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved