Diskominfo Singkawang Kirim 2 Perwakilan Ikuti Bimtek Pengelolaan Media Center Daerah

Sementara itu, Kasubdit Media Online Kemenkominfo, Nurlaili mengungkapkan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
2 (dua) petugas pengelola Media Center mengikuti Bimtek Pengelolaan Media Center Daerah pada Tanggal 4 s/d 5 April 2016 di Kota Medan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Guna meningkatkan kompetensi petugas pengelola Media Center, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang mengikutsertakan sebanyak 2 (dua) petugas pengelola Media Center mengikuti Bimtek Pengelolaan Media Center Daerah pada Tanggal 4 s/d 5 April 2016 di Kota Medan.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Informasi dan Komunikasi RI ini diikuti oleh pengelola Media Center Daerah wilayah Jawa dan Kalimantan, serta wilayah Sumatera yang berkontribusi aktif terhadap berita dan foto yang dikirimkan ke InfoPublik.

Baca: Dua Rekannya di Drop Out, Puluhan Mahasiswa UPB Pontianak Lakukan Aksi Protes di Depan Kampus

Pengelola Media Center Kota Singkawang, Arfianshah mengatakan Bimtek ini sangat bermanfaat bagi petugas Media Center di Daerah.

Baca: Berbaur Dengan Masyarakat, Kapolres Singkawang Ngopi Sekaligus Dengarkan Keluhan Masyarakat

“Bimtek ini sangat bermanfaat, narasumber yang dihadirkan sangat berkualitas dalam menyampaikan materi sehingga para peserta dapat dengan mudah memahami isi materi tersebut,” katanya, Kamis (5/4/2018).

Selain itu, kata Arfian, peserta juga diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada Narasumber dan praktikum dalam mencari berita dan foto, baik itu berita hard news maupun berita feature.

Sementara itu, Kasubdit Media Online Kemenkominfo, Nurlaili mengungkapkan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis pada Media Center Daerah.

“Peran jurnalis media center harus aktif dan terampil dalam mengolah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita, dan berkewajiban memberikan informasi yang akurat, tepat, cepat dan relevan kepada masyarakat,” katanya.

Dikatakan Nuralaili, Media Center Daerah diharapkan mampu memberikan informasi ke masyarakat mengenai berbagai hal yang menyangkut edukasi dan pelayanan publik.

“Media Center di daerah adalah ujung tombak pelayanan informasi dan komunikasi publik pada Pemerintah Daerah. Oleh karena itu Bimtek kali ini kami tingkatkan materinya menjadi penulisan feature dan foto essay,” kata Nurlaili

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, M. Ayub menyampaikan apresiasi yang positif kepada Ditjen IKP Kemenkominfo RI atas terselenggaranya Bimtek ini.

“Bimtek ini merupakan wujud dan sinergisitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebagai pelayan informasi dalam menghimpun dan menyampaikan informasi kepada publik. Semoga Bimtek ini dapat menambah pengetahuan kita bersama,” katanya. (*)

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved