Tjhai Chui Mie Tanggapi Raperda Pengelolaan BUMD

Tjhai Chui Mie menyampaikan pemandangan umum terhadap nota pengantar DPRD atas Raperda badan usaha milik daerah pengelolaan pasar Kota Singkawang.

Tjhai Chui Mie Tanggapi Raperda Pengelolaan BUMD
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyampaikan pemandangan umum terhadap nota pengantar DPRD atas Raperda badan usaha milik daerah pengelolaan pasar Kota Singkawang.

Raperda ini merupakan payung hukum bagi pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian Kota Singkawang yang pada hakekatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Raperda ini adalah murni inisiatif DPRD Kota Singkawang yang menginginkan pemerataan penyebaran pasar," katanya, Jumat (6/4/2018).

Baca: Pemkot Singkawang Usulkan Raperda Pengelolaan Barang Milik Daerah

Sehingga perekonomian masyarakat tidak terpusat pada kecamatan-kecamatan tertentu saja dengan penyebaran pasar-pasar diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi secara merata di lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang.

"Saya sangat menghargai ini, karena prioritas kita bersama dalam rangka menyelenggarakan kemanfaatan umum bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat," tuturnya.

Ada hal-hal yang diperlukan penjelasan lebih lanjut dari DPRD sebagai inisiator Raperda ini, terkait dengan dasar pendirian BUMD.

Hal ini merujuk pada ketentuan pasal 9 peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD, yaitu sesuai kebutuhan daerah dan kelayakan bidang usaha BUMD.

Untuk menilai kebutuhan daerah terhadap pendirian BUMD harus dilakukan pengkajian melalui studi yang mencakup aspek pelayanan umum dan kebutuhan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved