Belum Ditemukan Makanan Kaleng Mengandung Cacing Beredar di Mempawah

Hendri, mengatakan pada sidak hari ini pihaknya tidak mendapati adanya produk - produk yang di larang oleh BPOM RI beredar.

Belum Ditemukan Makanan Kaleng Mengandung Cacing Beredar di Mempawah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Sidak yang dilakukan Disperindagnaker Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah di Pasar Tradisional Sebukit Rama, Senin (02/03/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Disperindagnaker melalui Kasi Meterologi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen bersama Dinas Kesehatan pada hari ini, melakukan Sidak ke Pasar Tradisional Sebukit Rama, di Kabupaten Mempawah untuk melakukan survey lapangan terhadap 27 produk yang telah di larang oleh BPOM RI. Senin (02/03/2018).

Kasi Metrologi, Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Hendri, mengatakan pada sidak hari ini pihaknya tidak mendapati adanya produk - produk yang di larang oleh BPOM RI beredar di Pasar Sebukit Rama Mempawah.

"Untuk Produk Ikan Makarel Kemasan Kaleng, tidak kami dapati di pasar Mempawah ini, karene memang, pada 27 daftar Produk yang di larang oleh BPOM RI adalah Produk Ikan Makarel, bukan ikan Sarden,"paparnya.

Baca: Dewan Mempawah Harap Semua Pihak Bekerja Sama Bina Pelajar Tertib Berlalu lintas.

Di lain pihak, hal serupa juga di ungkapkan oleh Mira Ismiliawaty, Kasi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan, dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah.

"Tidak ditemukan produk ikan kalengan dengan no.MD dan bets yang tercantum dalam surat edaran yang ada, dan sebagian toko yg menjual ikan kaleng jeniakarel sudah dengan kesadaran dipisah dan diretur kembali ke Produsennya masing - masing," tutur Mira.

Hendri juga memaparkan bahwa hingga saat ini BPOM RI hanya mengeluarkan pelarangan terhadap produk ikan Makarel dan bukan Ikan Sarden.

Dirinya mengungkapkan, memang masyarakat banyak yang masih beranggapan, bahwa ikan Makarel dan Ikan Sarden adalah satu jenis, padahal kenyataannya adalah berbeda.

"Ikan Makarel Itu lebih besar dari pada Sarden secara fisik, dan yang mengandung cacing setelah di lakukan penelitian adalah Produk Ikan Makarel, bukan Ikan Sarden,"ungkap Hendri menegaskan.

Penulis: Ferryanto
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved