Warga Temukan Granat Tangan Diduga Aktif di Sungai Perbatasan Indonesia-Malaysia

Ketika di lakukan pengecekan, ternyata memang benar barang tersebut adalah satu buah granat jenis nanas

Warga Temukan Granat Tangan Diduga Aktif di Sungai Perbatasan Indonesia-Malaysia
ISTIMEWA
Granat Nanas di duga kuat masih aktif yang ditemukan di sungai di daerah perbatasan RI-Malaysia 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kodam XII Tanjungpura membenarkan, Selasa (27/3/2018)  kemarin ada warga perbatasan RI-Malaysia kab Sambas temukan satu granat nanas yang di duga kuat masih aktif di Dusun Sungai Enau desa Kaliau, Kecamatan Sajingan.

Kapendam XII/Tanjungpura Kol Inf Tri Rana Subekti menuturkan kronologi berdasarkan laporan dari Komandan Satgas Kodam XII/Tpr Letkol Inf Abdul Mufakher bermula serorang warga yang bekerja sedot pasir sungai menemukan benda keras di Sungai Dusun Sui Enau, Desa Kaliau.

"Secara tidak sengaja bapak Pungah mencangkul tanah dipinggiran titik penyedotan, setelah dilihat ternyata ada satu buah besi bulat agak lonjong dan mencurigakan, lalu diambil dan diamankan di dekat pohon besar sekitar lokasi penyedotan pasir,"kata Tri Rana pada Sabtu (31/3) sore

Dan kemudian, warga tersebut menyampaikan penemuan benda tersebut kepada anggota Satgas Kodam XII Tpr yang bertugas, dan akhirnya anggota satgas pun bersama warga menuju ke lokasi yang di informasikan tersebut.

(Baca: Paolus Hadi Ucapkan Selamat Paskah )

"Ketika di lakukan pengecekan, ternyata memang benar barang tersebut adalah satu buah granat jenis nanas, dan kemudian memberikan pemahaman serta pengertian agar granat yang ditemukan diserahkan kepada personel untuk diamankan. Sebab, granat nanas tersebut di duga masih aktif dan sangat berbahaya apabila disimpan,"katanya.

Untuk barang bukti setelah di cek, ternyata satu buah granat tangan jenis nanas, dan saat ini telah di diserahkan dengan sukarela pada 27 Maret di lokasi penyedotan pasir.

(Baca: Bandara Tebelian Diharapkan Pekerjakan Masyarakat Lokal, Tetapi Tetap Sesuai Standar )

"Dikatakannya, anggota di lapangan memperkirakan Kondisi granat nanas diduga kuat masih aktif  sangat berbahaya jika simpan oleh masyarakat, tapi sudah diterima oleh anggota satgas dan sudah diamankan oleh Komandan Satuan Tugas Kodam XII/Tanjungpura," pungkasnya.

Baca Juga
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved