Breaking News:

Tak Cukup Kantongi 2 Ribu Dukungan, Bacalon DPD RI Asal Kalbar Juga Harus Lakukan Ini

Untuk mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Kalbar, bakal calon minimal harus mengumpulkan 2 ribu dukungan

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Madrosid
TRIBUN PONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Suasana saat KPU Kalbar kembali mensosialisasikan pencalonan anggota DPD RI pada sejumlah masyarakat di lantai II kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Kota Pontianak, Senin (26/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiawaty menuturkan untuk mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Kalbar, bakal calon minimal harus mengumpulkan 2 ribu dukungan dari warga yang memiliki KTP Elektronik dan atau surat keterangan (Suket) dari dinas terkait.

"Jumlah dukungan minimal itu 2 ribu dukungan dan tersebar di sekurang-kurangnya atau minimal 50 persen kabupaten/kota atau setara dengan tujuh kabupaten/kota," katanya dalam sosialisasi pencalonan anggota DPD Pemilu 2019 di Aula lantai II Kantor KPU Provinsi Kalbar, Pontianak, (26/3/2018).

Dalam aturannya, setiap provinsi memiliki jatah empat orang untuk DPD.

Dilanjutkan Umi, berdasarkan kebijakan KPU, sebaran dukungan di daerah nantinya akan diverifikasi dengan metode sampling.

Baca: Lurah Beberkan Hambatan Pembangunan Proyek Promenade dengan Anggaran Rp 45 Miliar

Setiap dukungan akan diambil sampel sebanyak 10 persen per daerah.

"Nanti mekanisme verifikasi faktual ini dilakukan dengan metode sampling 10 persen. Dan sampling ini akan diambil dari setiap kabupaten/kota. Jadi sampelnya bukan populasi secara keseluruhan, tetapi sampel diambil perkabupaten/kota," terangnya.

Diterangkannya, penyerahan dokumen syarat dukungan bakal calon dimulai pada 22-26 April 2018.

"Untuk tanggal 22-25 April kami menerima penyerahan dokumen dukungan dari bakal calon mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Di tanggal 26 April, (penyerahan) mulai pukul 08.00-24.00 WIB," kata Umi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved