Berita Video

Sejarah ‎Tiang Bendera Menterado, Simbol Perjanjian 3 Suku Hingga Asal Mula Kota Singkawang

Saat ini tiang ini lah sisa benda sejarah yang tersisa tentang kaitan Suku Dayak, Melayu dan Cina di Kalbar.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Tiang Bendera bersejarah di Menterado yang merupakan simbol perjanjian tiga suku ini ternyata sama bentuk dengan tiang bendera yang ada di Keraton Sambas.

Selain itu, asal muasal kota Singkawang adalah Menterado karena sebelumnya daerah penambang emas ini, ada tiga nama yakni Singkawang 1, Talalok dan nama sekarang ini Menterado.

Bukan hanya itu, Tiang Bendera di Menterado ini juga membuat pertanyaan besar atas keterkaitan Sambas dengan Menterado, karena memiliki kesamaan bentuk.

Seperti kesaksian dari satu di antara warga Menterado yang berdomisili lebih dari 20 tahun yang menceritakan sejarah singkat tentang Menterado dan Tiang Bendera bersejaran tersebut kepada Tribun Pontianak.

‎"Saya sudah berdomisili mulai tahun 1975, itu bendera sudah ada, cerita orang-orang tulisan 1966 itu keterangan tiang bendera di perbaiki, tahun yang sama dengan tahun kelahiran saya," kata Siran ‎pada Sabtu (24/3).

Baca: Tiang Bendera Menterado, Saksi Sejarah Perjanjian Dayak, Melayu dan Cina

"Bayangkan saja pada tahun 1966 sudah di lakukan perbaikan, berarti dibangun sebelum tahun itu dan artinya tiang itu sudah lama sekali,"‎ lanjut pria asal Tebas ini.

Ia juga menuturkan informasi yang di peroleh, Menterado ini adalah asal muasalnya kota Singkawang, dulu ini di sebutnya Singkawang satu dan kota Singkawang sekarang ini di sebut singkawang dua.

"Sini hampir semua penduduknya warga suku cina, karena di sini terkenal masyarakat Cina penambang emas dan selain di sebut sini sebelum dinamai Menterado di sebutnya Talalok,"ceritanya pada Tribun Pontianak.

Ia juga menuturkan terkait kesama‎an tiang bendera di Menterado ini sama dengan tiang bendera yang ada di keraton Sambas dan saat ini tiang ini lah sisa benda sejarah yang tersisa tentang kaitan Suku Dayak, Melayu dan Cina di Kalbar.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved