Sempat Jadi Rebutan, Negara Ini Bakal Usulkan Tempe Jadi Warisan Budaya UNESCO

Tempe akan diusulkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO pada 2021

Sempat Jadi Rebutan, Negara Ini Bakal Usulkan Tempe Jadi Warisan Budaya UNESCO
TribunWow.com
tempe 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID -Tempe akan diusulkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO pada 2021.

Dilansir dari The Jakarta Post, Made Astawan, ketua Forum Tempe Indonesia, mengatakan bahwa tempe harus diakui sebagai warisan budaya nasional.

"Kami bersyukur bahwa tempe diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai warisan budaya nasional Oktober lalu. Ini meyakinkan kami untuk membidik UNESCO 2021 untuk mendapatkan pengakuan internasional," katanya.

Baca: Akan Menikah dengan Prince Harry, Penampilan Meghan Markle Jadi Sorotan Warganet

Astawan mengatakan dengan tempe di daftar warisan budaya UNESCO, orang Indonesia, terutama anak muda yang kreatif, akan membawa lebih banyak inovasi untuk makanan populer.

"Sejak batik diakui oleh UNESCO pada tahun 2009, generasi muda telah menunjukkan minat yang besar dalam mengenakan batik," katanya.

Dia menyatakan harapan bahwa pemuda Indonesia akan menjadi lebih antusias tentang makan tempe, melihat bahwa itu secara luas disajikan di hotel, termasuk dalam makanan di pesawat, dan telah diterima di negara-negara seperti Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Dia merasa yakin bahwa tempe akan diterima oleh UNESCO sebagai pengakuan dari Indonesia meskipun itu juga diusulkan oleh negara lain.

"Kami memberikan bukti kuat, yaitu dalam cerita Serat Centhini yang menyatakan tempe telah ada sejak abad ke-16," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Septi Dwisabrina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved