Hiu 11 Sergap Tiga Kapal Vietnam Curi Ikan di Natuna, 24 ABK Kena Ciduk

Selain ilegal, kapal tersebut juga menggunakan alat tangkap yang dilarang.

Hiu 11 Sergap Tiga Kapal Vietnam Curi Ikan di Natuna, 24 ABK Kena Ciduk
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
KAPAL VIETNAM - Tiga kapal penangkap ikan berbendera Vietnam bersama 24 ABK berkewarganegaraan Vietnam ditangkap di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu 18 Maret 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Anes Veduka

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN  - Tiga kapal penangkap ikan asal Vietnam ditangkap Kapal Pengawas Perikanan 'Hiu 11' di bawah kendali Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kapal tersebut ditangkap saat melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia. Tepatnya di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau, 18 Maret 2018.

Baca: KKP Berikan Bantuan 5 Kapal Tangkap Ikan di Kalbar, 2 di Sambas

Baca: Korban Kecelakaan Latihan Natuna Dirawat di Rumkit Kartika Husada Kesdam XII/Tpr

Tiga kapal asing ini diamankan beserta 24 anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Vietnam.

"Mereka kedapatan melakukan kegiatan penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP-RI), di sekitar Perairan Natuna," terang Kasubsi Operasional pengawasan dan penanganan pelanggaran Stasiun PSDKP Pontianak, Mochamad Erwin di Stasiun PSDKP Pontianak, Jumat (23/03/2018).

KAPAL VIETNAM - Tiga kapal penangkap ikan berbendera Vietnam bersama 24 ABK berkewarganegaraan Vietnam ditangkap di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu 18 Maret 2018.
KAPAL VIETNAM - Petugas di atas kapal penangkap ikan berbendera Vietnam. TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA)

Selain ilegal, kapal tersebut juga menggunakan alat tangkap yang dilarang. "Kapal tersebut tidak dilengkapi dengan izin serta kedapatan menggunakan alat tangkap yang dilarang yaitu pair trawl," ujar Erwin

Ia menambahkan, tiga kapal yang ditangkap terdiri dari KM BV 4987 TS dengan ukuran 115 gross tonnage (GT), KM. BV 0270 TS dengan ukuran 90 GT), dan KM. BV 93739 TS berukuran 110 GT. PSDKP juga menangkap Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 24 orang berkewarganegaraan Vietnam.

"Ketiga kapal dan seluruh ABK dikawal ke Stasiun PSDKP Pontianak untuk proses hukum oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan," terangnya.

Halaman
12
Tags
Natuna
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved