Lurah Siantan Hulu Gelar Perayaan Kulminasi di SDN 09 Pontianak Utara

Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak Utara menggelar kegiatan Peringatan Kulminasi di SDN 09 Pontianak Utara pada Kamis (22/03 /2018).

Lurah Siantan Hulu Gelar Perayaan Kulminasi di SDN 09 Pontianak Utara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Lurah Siantan Hulu, Tirta Arifin beserta para siswa SDN 09 Pontianak Utara saat mencoba mendirikan telur dalam perayaan kulminasi di SNN 09 Pontianak Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak Utara menggelar kegiatan Peringatan Kulminasi di SDN 09 Pontianak Utara pada Kamis (22/03 /2018).

Menurut keterangan dari Lurah Siantan Hulu, Tirta Arifin kegiatan tersebut memang telah diagendakan.

"Kegiatan tersebut memang sudah kami agendakan dan kordinasikan dengan kepala sekolah, dalam rangka detik-detik kulminasi dan Festival Sungai Putat. Puncaknya akan dilaksanakan pada 23 Maret nanti di Dharma Putra, " katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa, agar lebih mengetahui dan memahami fenomena kulminasi atau yang lebih dikenal dengan istilah hari tanpa bayangan.

Baca: Pengunjung Kulminasi Matahari Terpesona dengan Robot Kuntilanak

Khususnya di wilayah SDN 09 Pontianak Utara yang menurutnya sangat beruntung dan secara kebetulan dilintasi oleh Garis Khatulistiwa.

"Karena garis khatulistiwa itu adalah sepanjang garis 0 derajat dan kulminasi terjadi di seluruh wilayah kota-kota yang dilalui garis khatulistiwa salah satunya di SDN 09 Pontianak Utara," katanya.

Baca: Titik Kulminasi Matahari Batal Jadi Agenda Nasional

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajak untuk mencoba mendirikan telur dan alhasil telur-telur tersebut dapat berdiri di halaman SDN 09 Potianak Utara.

Menurut Tirta kegiatan tersebut mendapatkan antusias yang tinggi dari siswa maupun pihak sekolah.

Ia berharap, semoga dengan kegiatan tersebut para siswa lebih mengingat ilmu yang didapat atas fenomena tersebut, karena dirasakan dan disaksikan secara langsung dan tanpa perlu harus ke Tugu Khatulistiwa.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved