Citizen Reporter

Jadikan Tugu Khatulistiwa Destinasi Wisata Unggulan

Kulminasi matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan, di mana matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Jadikan Tugu Khatulistiwa Destinasi Wisata Unggulan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Penyerahan cinderamata dari Humas Lapan RI pada Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah. 

Citizen Reporter
Jimmy Ibrahim
Humas Pemkot Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTANAK - Tak biasanya, ratusan orang memadati kawasan Tugu Khatulistiwa, Rabu (21/3).

Kedatangan mereka untuk menyaksikan langsung detik-detik kulminasi matahari yang hanya terjadi dua kali dalam setahun, yakni 21-23 Maret dan 21-23 September.

Kulminasi matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan, di mana matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Baca: Pengunjung Kulminasi Matahari Terpesona dengan Robot Kuntilanak

Berbeda dari tahun sebelumnya, momen kulminasi matahari tahun ini juga menghadirkan mini planetarium yang didatangkan khusus dari Bandung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Detik-detik kulminasi matahari ditandai dengan telur-telur yang bisa berdiri tegak.

Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah mengatakan, keistimewaan yang dimiliki Kota Pontianak ini sudah sepatutnya menjadi destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat (Kalbar). Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalbar memiliki banyak obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan sehingga menjadi andalan daya tarik wisata.

"Apalagi saat ini telah ada pihak ketiga yang berinvestasi untuk mengembangkan kawasan Tugu Khatulistiwa ini," sebutnya.

Baca: Pengunjung Manfaatkan Hiasan Payung Warna-warni di Kawasan Tugu Khatulistiwa Untuk Berfoto

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved