Pontianak Berencana Bangun Planetarium

Tahun ini kita bisa menyaksikan m Planetarium Mini, semoga tahun depan kita berharap punya sendiri dan tidak lagi meminjam pada Lapan

Pontianak Berencana Bangun Planetarium
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Warga mendirikan telur sesaat setelah terjadinya puncak titik kulminasi matahari di kawasan tugu Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (21/3/2018) siang. Kegiatan ini berlangsung hingga 23 Maret 2018. Adapun terjadinya Kulminasi matahari yaitu pada 21 Maret terjadi pada pukul 11.50 WIB, tanggal 22 Maret pada pukul 11.50 WIB dan tanggal 23 Maret pada pukul 11.49 WIB. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Melihat antusias masyarakat yang tinggi terhadap minat masyarakat mengunjungi Planetarium Mini yang didatangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pemkot Pontianak berencana memiliki planetarium sendiri di kawasan Tugu Khatulistiwa, Pontianak Utara.

“Tahun ini kita bisa menyaksikan m Planetarium Mini, semoga tahun depan kita berharap punya sendiri dan tidak lagi meminjam pada Lapan ,” kata Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah usai membuka acara Titik Kulminasi di Tugu Khatulistiwa, Rabu (21/3/2018).

Mahmudah menjelaskan Planetarium adalah gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Namun dalam rencana Pemkot, yang dibuat adalah mini planetarium.

"Bentuk dan fungsinya sama, hanya lebih kecil. Pengadaan mini planetarium itu akan ada di bawah Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan dibutuhkan berkisar Rp200-300 juta. Semoga Pemkot Pontianak bisa menganggarkannya" tambahnya.

Pemkot akan membuat bangunan permanen untuk Planetarium Mini kedepannya.

(Baca: Bule Asal Rusia Terkesan dengan Tarian Daerah Pontianak )

Terkait event Titik Kulminasi Matahari, Mahmudah mengatakan itu adalah keistimewaan yang dimiliki Kota Pontianak. Sudah sepatutnya menjadi destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat (Kalbar).

Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalbar memiliki banyak obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan sehingga menjadi andalan daya tarik wisata.

Pesona kulminasi matahari bulan Maret ini berkesan istimewa dengan adanya planetarium mini dari LAPAN. Atas nama Pemerintah Kota Pontianak, Mahmudah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak LAPAN yang sudah mengirimkan planetarium ini sebagai media edukasi bagi masyarakat.

tribunpontianak
instagram.com/tribunpontianak
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved