Berita Video

Pengunjung Kulminasi Matahari Terpesona dengan Robot Kuntilanak

Merancang sebuah robot itu gampang-gampang susah yang penting ada tekad yang bulat untuk belajar, ya jangan cepat nyerahlah

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ana Sesar Andani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak, Rabu (21/3/2018) berlangsung meriah. Robot Kuntilanak menjadi perhatian pengunjung yang datang.

Robot Kuntilanak sendiri merupakan karya anak bangsa yang dikemas sedemikian rupa untuk ikut menghibur masyarakat yang hadir. Robot ini dirakit langsung oleh Creative Robotic School.

Creative Robotic School sudah berdiri sejak 2013 lalu dengan beragam karya yang dihasilkan. Menurut Anggota Creative Robotic, Dede.

"Merancang sebuah robot itu gampang-gampang susah yang penting ada tekad yang bulat untuk belajar, ya jangan cepat nyerahlah. Semuanya perlu proses," ungkapnya.

 Baca: Kriminalitas Libatkan Kekerasan di Pontianak, Ini Analisis Pengamat

Sebagai moment pertamakali berpartisipasi dalam Pesona Kulminasi Matahari Pontianak, Creative Robotic sengaja mendesain robot mereka dengan rupa kuntilanak.

Dede menambahkan, " Kenapa kita memilih Kuntilanak sebagai Icon? Ya, kita tahu kan. Pontianak dikenal dengan 'kuntilanaknya'. Asal namanya kan darisana. Supaya viral juga si." Tukasnya kepada Tribunpontianak.co.id

Terkait  perangkat elektroniknya Robot Kuntilanak bergerak menggunakan roda omniwheel dan dikontrol menggunakan remote.

Penggunaan roda omniwheel untuk mempermudah pergerakan robot kuntilanak memanuver kesegala arah.

Sedangkan tampilan luar dari robot tersebut menggunakan kain putih dan topeng yang menyerupai kuntilanak.

Creative Robotic School memiliki 7 anggota. Kegiatan yang mereka lakukan sendiri lebih kepada riset. Riset dimaksudkan untuk mengetahui fungsi dan kegunaan dari robot itu nantinya. Sebagai sekolah non formal Creative Robotic School menerima siapa saja yang ingin bergabung.

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved