Diskominfo Imbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Informasi Bersifat Provokasi di Dunia Maya

Masyarakat harus pandai-pandai memilah dan memilih informasi yang baik.

Diskominfo Imbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Informasi Bersifat Provokasi di Dunia Maya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Diskominfo Provinsi Kalbar, Anthony Sebastian Runtu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalbar, Anthony Sebastian Runtu imbau masyarakat untuk melapor, jika temukan berita atau informasi provokasi berbau Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) dan ujaran kebencian (hate speech) di dunia maya. Termasuk jika ditemukan berita-berita bohong atau hoaks melalui media sosial.

"Peran masyarakat untuk melapor kepada pihak berwajib sangat diperlukan jika menemukan berita menyimpang atau bohong. Laporkan saja," ungkapnya, Minggu (18/3/2018).

(Baca: KPU Minta Pemilih di Sintang Cerdas Memilah Informasi yang Berkaitan dengan Pilgub )

Anthony juga mengingatkan ada aturan hukum tindak pidana yang mengatur perihal situs-situs atau akun media sosial (medsos) yang dianggap membahayakan seperti menebarkan berita hoaks, mengumbar ujaran kebencian kepada orang lain baik melalui akun pribadi maupun situs berkelompok, perbuatan merugikan nama baik atau lainnya.

"Kalau sudah mengarah ke penyerangan individu, maka mereka yang merasa disudutkan pasti juga akan melakukan tindakan. Sebab, regulasi mengatur itu. Bisa dituntut jadi pidana," jelasnya.

(Baca: Objek Wisata Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi )

Anthony berharap masyarakat lebih cerdas ketika menerima informasi atau berita. Di era digitalisasi saat ini, ia akui perkembangan informasi begitu pesat. Masyarakat harus pandai-pandai memilah dan memilih informasi yang baik.

"Ketika menerima berita jangan cepat di-share ke orang lain. Diteliti dulu isi beritanya apa. Apakah benar atau tidak. Bermanfaat atau tidak. Mulailah berpikir kritis terhadap informasi yang diterima," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved