Prajurit Lantamal XII Pontianak Sosialisasi Cinta Ekosistem Laut ke Nelayan Sentap Ketapang

Selain melaksanakan Sosialisasi Pos TNI AL Kendawangan juga menyampaikan sosialisasi tentang penggunaan alat keselamatan pelayaran

Prajurit Lantamal XII Pontianak Sosialisasi Cinta Ekosistem Laut ke Nelayan Sentap Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Prajurit TNI AL Kendawangan gelar Komsos ajak Nelayan Sentap lindungi ekosistem Laut ? 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG  - Prajurit Lantamal XII Pontianak Pos TNI AL (Posal) Kendawangan melaksanakan komunikasi sosial secara langsung kepada para nelayan tradisional Kendawangan di Dermaga Sentap Kendawangan Kabupaten Ketapang

Sosialiasasi disampaikan langsung oleh Komandan Posal Kendawangan Letda Laut (P) Heri Widakdo menyampaikan paparan tentang cara melestarikan lingkungan dengan menjaga kelangsungan hidup ekosistem laut serta menjaga kebersihan lingkungan disekitar pelabuhan.

Baca: Wah! Prajurit Yonzipur 6/SD dan Yonif RK 644/WS Masuk 10 Besar Tes Kesegaran Jasmani di Jabar

Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tribudiono menuturkan hal tersebut merupakan sudah tupoksi dari setiap Posal dan Posmat sebagai wadah bagi masyarakat nelayan dan dianjurkan untuk warga nelayan membuat kelompok kerja atau paguyupan serta menyampaikan tentang kebijakan.

"Pemimpin TNI AL tentang pertahanan dan keamanan laut di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wilayah kerja Lantamal XII serta tugas fungsi Lantamal XII dan wawasan kebangsaaan hukum laut,"ujarnya pada Rabu (14/3/2018).

Baca: 5 Potret Vania Puteri Indonesia Lingkungan 2018 Yang Bikin Meleleh

Lanjutnya, pada Kegiatan komunikasi sosial Pos TNI AL Kendawangan dengan masyarakat nelayan sangat berguna untuk memelihara dan meningkatkan hubungan yang sinergis guna memberikan pemahaman arti pentingnya pertahanan Negara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat demi tercapainya ketahanan nasional di wilayah kerja Lantamal XII dan membangun karakter bangsa guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain melaksanakan Sosialisasi Pos TNI AL Kendawangan juga menyampaikan sosialisasi tentang penggunaan alat keselamatan pelayaran dengan menggunakan Life Jacket (Pelampung).

Juga rutin melaksanakan patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan dan mengantisipasi masuknya narkoba lewat jalur laut sekaligus penertiban surat-surat kapal dan juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping seperti Tim Search And Rescue (SAR).

Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Kendawangan Kab Ketapang. 

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved