Selain Drama, Pementasan Teater Juga Sampaikan Pesan Moral

Banyak pesan gambaran kehidupan yang bisa disampaikan lewat pementasan teater,

Selain Drama, Pementasan Teater Juga Sampaikan Pesan Moral
ISTIMEWA
Beberapa aksi pementasan teater yang dilakoni anggota Komsan IAIN Pontianak, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Teater punya makna besar yang lebih dari sekedar sebuah seni peran. Lewat pementasan drama pesan-pesan moral yang hendak disampaikan dapat dilakukan dengan lebih menghibur dan menggugah.

Aktivitas inilah yang juga kerap dilakoni mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Khususnya yang tergabung dalam Komunitas Santri atau Komsan, yang tak lain adalah unit kegiatan mahasiswa di bidang seni peran.

"Banyak pesan gambaran kehidupan yang bisa disampaikan lewat pementasan teater," ujar Dewan Penasehat Komsan IAIN Pontianak, Susanto (33), saat dijumpai, Senin (12/3/2018).

(Baca: Suryadi: Perencanaan Pembangunan Pendidikan Terukur dengan E-Planning dan E-Budgeting )

Alumnus Tarbiyah IAIN Pontianak, angkatan 2003 ini menuturkan, ada sangat banyak angle yang bisa diambil dalam sebuah pementasan. Termasuk berbagai persoalan yang kerap dihadapi masyarakat dalam keseharian.

Termasuk juga berbagai permasalahan-permasalah yang tengah mendera bangsa. Seperti politik, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

(Baca: Polsek Pontianak Barat Ciduk Maling Handphone, Ini Tersangkanya )

Dibawakan dalam alur cerita yang dibuat menghibur dan menggugah, menjadikan aksi panggung teater ini dinilainya jadi saran efektif mengafeksi audience. Sehingga menyadari sisi yang disentuh lewat berbagai alur cerita dalam pementasan teater itu.

"Ini jadi cara yang efektif sekaligus menghibur, termasuk dalam kritik sosial dan sebagainya. Cara ini lebih menarik dan juga efektif, ketimbang demonstrasi di jalanan dan sebagainya," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved