Mahasiswa UNS Gelar KKN Expo di Sajingan Besar

KKN tersebut mengambil tema peningkatan kesejahteraan masyarakat Sajingan Besar, melalui program pertanian dan pendidikan berkelanjutan.

Mahasiswa UNS Gelar KKN Expo di Sajingan Besar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Sejumlah 20 mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), menggelar KKN Expo di Desa Sanatab, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Minggu (25/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Sejumlah 20 mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), menggelar KKN Expo di Desa Sanatab, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Minggu (25/2/2018).

KKN tersebut mengambil tema peningkatan kesejahteraan masyarakat Sajingan Besar, melalui program pertanian dan pendidikan berkelanjutan.

Pembukaan KKN Expo mahasiswa UNS tersebut, juga dihadiri staf ahli Bupati Sambas, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kepala Desa Sanatab, Ketua Adat Dayak Kecamatan Sajingan Besar, serta masyarakat Desa Sanatab.

Baca: Sang Ibu Temukan Anaknya Tewas Gantung Diri di Ngabang, Teriakan Histeris Hingga Uang Rp 50 Ribu

Koordinator KKN UNS, Devit Hari Ashari mengungkapkan, selama satu bulan KKN di Desa Sanatab, banyak hal yang di dapatkan mahasiswa UNS, terutama mengenai budaya masyarakat Desa Sanatab yang masih kental sekali.

"Desa Sanatab, Kecamatan Sajingan Besar, memiliki sebuah khas budaya yang sangat bagus dan masih terjaga saat ini. Satu bulan di yang kami lakukan di Desa Sanatab, ada 21 program yang sudah kami lakukan dengan menyesuaikan daerah," ungkapnya, Senin (26/2/2018).

Devit menjelaskan, adapun program prioritas pihaknya di bidang pendidikan, yakni dengan membentuk kelompok belajar yang melibatkan anak-anak untuk belajar berbahasa inggris.

"Kemudian di bidang pertanian, kami membuat tanaman demplot sayur-sayuran. Pada bidang ekonomi, kami membuat gerai UMKM dengan menampilkan berbagai kerajinan yang di buat oleh masyarakat Desa Sanatab," jelasnya.

Selain itu menurut Devit, Desa Sanatab, atau umumnya di Kecamatan Sajingan Besar, memiliki potensi yang sangat luar biasa.

Lantaran berada di kawasan pintu perbatasan. Sehingga ke depan kawasan Kecamatan Sajingan, akan menjadi daerah yang ramai.

"Untuk itu, potensi wisata yang ada, harus dikelola dengan baik, sehingga mempunyai daya tarik yang tinggi bagi pengunjung. Mewakili rekan-rekan KKN lainnya, saya sangat berterimakasih kepada Bupati Sambas, Camat Sajingan Besar, Kepala Desa Sanatab, dan Masyarakat Desa Sanatab, yang telah berpartispasi membantu kelancaran kegiatan KKN 2018, tentunya ini sebuah pengalaman menarik bagi 19 rekan-rekan mahasiswa yang melakukan KKN di desa Sanatab,"paparnya Devit.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved