Berita Video

Cegah DBD, Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak Lakukan Foging

Dilaksanakananya fogging ini guna menghindari dan mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk demam berdarah (DBD)

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak dalam rangka menjaga dan mencegah kesehatan prajurit dan keluarga, aksanakan Fogging (pengasapan) Pada Minggu (25/2) di lingkungan rumah dinas pejabat utama dan Mess-mess prajurit Lantamal XII Pontianak

Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tribudiono menuturkan Dinas Kesehatan Lantamal XII laksanakan fogging untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk Demam Berdarah ( DBD) di karenakan perubahan cuaca hujan dan terik matahari yang tidak menentu menyebabkan air di selokan, tidak mengalir dan terjadi genangan air yang menimbulkan bersarangnya bibit bibit jentik nyamuk.

"Pelaksanaan fogging / pengasapan di mulai dari pengasapan lorong genangan air, tempat sampah, ruangan di sekitar perumahan dinas, serta taman2 di sekitarnya," ujarnya.

Lanjutnya, Dilaksanakananya fogging ini guna menghindari dan mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk demam berdarah (DBD) atau yang lebih di kenal dengan nama nyamuk Aedes Aegypt.

"Selain itu dari fogging diharapkan warga prajurit dan keluarganyai di lingkungan komplek TNI AL Jeruju melaksanakan program pemerintah dalam hal in Dinas Kesehatan yaitu program 3 M ( Menutup, Mengubur dan Menguras ) tempat penampungan air,"kata Irawan mengutip dari dr. Fransisca Lydia Harjono.

Kadispen Lantamal XII Pontianak juga mengatakan Kegiatan pengasapan / Fogging di laksanakan selama sehari di seluruh komplek rumah dinas Lantamal XII pada pkl.06.00 wib pagi tadi dengan mensertakan dua Tim Fogging Dinas Kesehatan yang di pimpin langsung Kepala Urusan Kurehab Diskes Lantamal XII dr. Fransisca Lydia Harjono,.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII Letkol Laut (K) dr.O.Y.S Karundeng menghimbau agar seluruh prajurit dan keluarga Lantamal XII untuk lebih waspada dan cepat mengetahui gejala awal Demam Berdarah ( DBD) yang ditandai dengan badan menggigil, nyeri kepala saat menggerakkan bola mata dan pinggang, kesakitan pada tungkai dan persendian akan terjadi beberapa jam sejak gejala deman dengu mulai di rasakan, suhu tubuh akan meningkat dengan cepat meninggi 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah cenderung turun, bola mata mengalami kemerahan, kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Lebih kanjut, Dinas Kesehatan Lantamal XII mengharapkan agar prajurit dan keluarganya menjaga kesehatan dengan hidup bersih , sehat dari bahaya penyakit Demam berdarah ( DBD) dengan cara 3 M , Mengubur kaleng2 bekas sampah, Menguras bak mandi, dan menutup tempat penampungan air secara rutin.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved