Perempuan Harus Berperan Dalam Pembangunan

Pemerhati Kebijakan Publik Iin Normanika menerangkan, perempuan harus ambil peran dalam meningkatkan pembangunan daerah.

Perempuan Harus Berperan Dalam Pembangunan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pemerhati Kebijakan Publik, Iin Normanika 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Pemerhati Kebijakan Publik Iin Normanika menerangkan, perempuan harus ambil peran dalam meningkatkan pembangunan daerah termasuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Daerah.

"Sudah saatnya perempuan menjadi bagian terpenting dalam membangun daerah, meningkatkan IPM melalui peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, dan ekonomi masyarakat," ujar Iin Normanika kepada Tribun pada Rabu (21/2/2018).

Lanjut wanita asal Landak ini, seorang perempuan harus berpikir maju terhadap persoalan daerah. Satu diantaranya perempuan mestu berperan aktif dalam politik, serta ikut membangun daerah dengan segala daya fikir dan kemampuan keilmuan yang dimiliki.

Baca: Landak Tidak Ada Korban Travel Umroh PT SBL

Iin memberikan contoh seperti di Kabupaten Landak, bahwa perempuan harus dicambuk untuk meningkatan perannya dalam pembangunan daerah. Sehingga persoalan yang cukup menarik seperti yang dihadapi Kabupaten Landak, yaitu persoalan peningkatan potensi sumber daya daerah.

Berdasarkan data, dari 156 Desa yang ada di Kabupaten Landak. Terdapat 89 Desa yang diindikatorkan sebagai Desa tertinggal. "Salah satu indikator penyebab ketertinggalan itu yakni masalah pendidikan. Kemudian IPM Landak menempati posisi ke tujuh dari 14 Kabupaten/Kota se Kalba," katanya.

Selain itu persoalan ketertinggalan Sumber Daya Manusia (SDM) di Landak, perlu dilakukan kerjasama antara pihak eksekutif dan legislatif serta masyarakat. Dalam pembinaan SDM yang berkualitas, sebagai pelaksana pembangunan.

Agar mampu dan tangguh untuk mewujudkan tujuan bersama, dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan berbangsa. Sehingga perlu kerjasama yang baik.

Untuk itu saat ini, harus dimulai merumuskan penguatan kualitas pendidikan di Landak. Dengan perlu pembicaraan yang serius antara DPRD Landak dan pemerintah, untuk menyusun anggaran yang efektif serta maksimal. Dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Landak.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved