Mahasiswa Untan Fakultas Teknik Gelar Seminar Kelola Sampah di Lokasi Ekowisata

Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Tanjung Pura gelar Seminar Daerah

Mahasiswa Untan Fakultas Teknik Gelar Seminar Kelola Sampah di Lokasi Ekowisata
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Para Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Tanjung Pura berfoto bersama pemuda/i Desa Sedahan usai menggelar Seminar Daerah, di Aula Kantor Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Rabu (21/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Tanjung Pura gelar Seminar Daerah, di Aula Kantor Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Rabu (21/2/2018).

Seminar yang mengambil tema Teknologi pengelolaan sampah dalam pengembangan ekowisata di Desa Sedahan Jaya tersebut merupakan rangkaian kegiatan para mahasiswa terkait program Pengendalian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Mandiri.

Baca: Lakukan Diet Ekstrem, Ini Penampilan 10 Seleb Terkenal Korea Dulu Dan Sekarang

Seminar yang dihadiri perwakilan dari penduduk desa setempat, terutama anak-anak muda juga dihadiri perwakilan dari pihak Balai Taman Nasional Gunung Palung.

Dosen Teknik Lingkungan Untan Kiki Priyo Utomo yang mendampingi mahasiswa mengatakan, bahwa yang dapat dilakukan masyarakat Sedahan Jaya terkait sampah yang bisa menunjang ekowisata ialah perlu adanya Perdes (Peraturan Desa) untuk mengatur dalam hal penarikan restribusi yang akan dikenakan kepada wisatawan.

Ditambahkannya, destinasi wisata di Sedahan Jaya ini hampir semuanya merupakan lahan Taman Nasional. Selain penarikan restribusi itu, masyarakat bisa mengontrol para turis yang akan memasuki wilayah pariwisata mengenai sampah atau bekas bungkus makanan yang mereka bawa.

"Tetapi yang konkrit, masyarakat Desa Sedahan Jaya punya peluang. Setiap wisatawan pada saat mereka berkunjung pasti membawa atau meninggalkan sampah. Masyarakat bisa memanfaatkan sampah tersebut. Misalnya pada saat wisatawan keluar dari deatinasi wisata tersebut, masyarakat bisa mengambilnya, kemudian mengolahnya,"terangnya lagi.

Baca: Tingkatkan Daya Saing Siswa, SMK Gelar Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran

Selanjutnya, masyarakat juga bisa belerjasama dengan pihak TNGP. Masyarakat bisa menjadi mitra TNGP untuk menanggulangi sampah.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved