Breaking News:

BPBD Mempawah Ajukan Operasional Waterbombing ke BNPB

Didik Sudarmanto mengatakan pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan operasi water bombing kepada BNPB...

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Rizky Zulham
NET
Logo BPBD 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Kepala Badang Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Mempawah Didik Sudarmanto mengatakan pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan operasi water bombing kepada BNPB di Jakarta untuk proses pemadaman di areal lahan yang terbakar.

“Hal tersebut masih dalam pembahasan apakah kondisi saat ini sudah perlu dilakukan water bombing atau tidak. Sebab diperkirakan pada bulan maret mendatang diprediksi akan turun hujan,” ujarnya Senin (19/2/2018).

Baca: Delapan Pemilik Lahan yang Terbakar di Sungai Kunyit Diperiksa Polisi

Kendati demikian, pihakya juga belum mengetahui situasi dalam kurun wakut dua atahu tiga hari kedepan. Didik mengatakan keputusan akhirnya nanti tergantu pada keputusan tim penilai dari pemerintah pusat.

“Dari pemerintah provinsi juga telah mengajukan ke pemerintah pusat untuk water bombing. Namun sembari menunggu usulan untuk water bombing upaya-upaya pemadaman juga terus kita lakukan disejumlah titik hotspot di kabuapten mempoawah,” ujarnya.

Ia memapasarkan selama kurun waktu tiga pekan lalu, sedikitnya total lahan yang terbakar berjumlah sekirta 300 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten mempawah.

Dua mobil armada pemadam kebakaran yang ada di BPBD Kabupaten Mempawah saat ini akan di maksimalkan operasionalnya.

BPBD juga melansir dari sembilan kecamatan di Kabupaten mempawah, terdapat delapan di antaranya terdapat kebakaran lahan. Lokasinya di antaranya Kecamatan Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah TImur, kecamatan anjungan, Pinyuh, Segedong, siantan, Sadaniang dan Sungai Kunyit.

“Saat ini kami masih bahu membahu bersama dengan unsur TNI, Polri, Pemadam Swasta dan masyarakat masih terus melakukan upaya pemadaman api,” ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved