Pangdam XII Tanjungpura Hadiri Panen Raya di Tebas

Mayjend TNI Achmad Supriadi menghadiri panen raya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Bersatu di Desa Tebas Sungai.

Pangdam XII Tanjungpura Hadiri Panen Raya di Tebas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Achmad Supriadi menghadiri panen raya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Bersatu di Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Selasa (12/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Achmad Supriadi menghadiri panen raya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Bersatu di Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Selasa (12/2/2018).

Turut hadiri dalam panen raya tersebut, Sekretaris Badan PPSDMP Kementerian Pertanian Surachman Suwandi, Mayjend TNI Achmad Supriadi dan Danrem 121 ABW, Brigjend TNI Bambang Ismawan serta Dandim 12012 Singkawang Letkol Inf Abdul Rahman.

Tak hanya itu saja, Wakil Bupati Sambas Hairiah, pun turut hadir bersama Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo.

Baca: Dandim Mempawah Ikut Panen Raya Padi di Desa Sungai Kunyit Laut

Pangdam menegaskan suatu wilayah atau negara, akan kuat apabila memiliki ketahanan pangan yang baik.

Menurutnya, ketahanan pangan merupakan satu di antara syarat mutlak untuk menjaga kestabilan suatu negara atau wilayah.

"Salah satu syarat mutlak untuk stabilitas sebuah negara adalah ketahanan pangan. Panen di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas ini, merupakan wujud bagaimana kita menuju untuk ketahanan pangan," ungkapnya.

Achmad Supriadi menjelaskan bahwa ketahanan pangan ini, merupakan hasil dari kerjasama atau integrasi semua sektor baik TNI, pemerintah dan petani.

"Ketahanan pangan atau swasembada pangan ini, bisa berhasil jika ada kerja sama di setiap lini masyarakat baik TNI, pemerintah, petani dan unsur-unsur lainya. Kami dari TNI, tetap akan melakukan pendampingan kepada masyarakat atau petani melalui babinsa yang berada di desa-desa. Kita juga melakukan pendampingan terhadap pendistribusian pertanian," jelasnya.

Lanjutnya, pemerintah juga sangat berperan penting dalam mensukseskan ketahanan pangan.

Menuju swasembada pangan, dengan tenaga penyuluh pertanian yang terjun langsung untuk memberikan pengetahuan kepada petani.

"Kami dan pemerintah akan terus mendorong, agar petani untuk selalu semangat untuk menjadikan daerah Kabupaten Sambas, Kalbar bahkan Indonesia, supaya program swasembada pangan bisa sukses," terangnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved