Partai Bulan Bintang Gugat KPU ke Bawaslu Gara-gara Ini

Karena tahapan-tahapan di KPU ini sangat cepat. Besok sudah mengambil nomor urut

Partai Bulan Bintang Gugat KPU ke Bawaslu Gara-gara Ini
Bulan-bintang.org
Logo Partai Bulan Bintang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Terkait keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak meloloskan sebagai partai peserta Pemilu 2019. Partai Bulan Bintang (PBB) akan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Sekretaris Jenderal PBB, Afriansyah Noor, mengatakan gugatan didaftarkan ke Bawaslu RI, Sabtu (17/2/2018) dan diajukan lebih cepat karena mengingat tahapan Pemilu 2019 yang semakin dekat.

"Kami akan melakukan dan mungkin hari ini akan segera kami ajukan. Karena tahapan-tahapan di KPU ini sangat cepat. Besok sudah mengambil nomor urut," tutur Afriansyah, ditemui di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Dia menjelaskan, PBB dianggap belum memenuhi syarat di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Dia menjelaskan, topografi wilayah Kabupaten Manokwari Selatan merupakan daerah pegunungan.

Saat verifikasi kepengurusan di tingkat DPC, kata dia, PBB sempat menghadirkan kader-kader sebanyak 8 orang. Akhirnya, KPUD Manokwari Selatan membuat berita acara PBB di Kabupaten Manokwari Selatan, Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

(Baca: Karolin Hadiri Open House Wali Kota Tjhai Chui Mie )

"Jadi, kami PBB hanya 1 Kabupaten itu saja. Ketika kami mencoba melakukan komunikasi dengan KPU RI, KPU RI tidak merespon karen mereka menganggap tahapan sudah selesai. Kami tidak diberikan kesempatan lagi untuk melakukan pernaikan," kata dia.

Atas dasar itu, PBB melakukan gugatan terkait keanggotaan.

"Jadi kalau kepengurusan lengkap. Keterwakilan perempuan 30 persen di atas. Tetapi keangotaan yang kami kurang di Kabupaten Manokwari Selatan. Kami mengajukan 13 kabupaten/kota, nah karena 1 tidak lolos kami tidak 75 persen. Jadi hanya 73 persen karena Manokwari TMS. Yang tak lolos hanya keanggotaannya saja. Kepengurusan lengkap," tambahnya.

Editor: Jamadin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved