Terkait Ocehan Firman Wijaya, Ini Penjelasan Pengamat Hukum Untan

Pertama, penyebutan nama SBY itu sendiri, dilaksanakan dalam persidangan resmi,

Terkait Ocehan Firman Wijaya, Ini Penjelasan Pengamat Hukum Untan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
DR Hermansyah Dosen Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Hukum, Akademisi Untan, Hermansyah mengatakan, obstruction of Justice saat ini memang jadi hal yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Tentang bagaimana posisi pengacara melakukan pembelaan terhadap kliennya. 

"Ada ketentuan dalam undang-undang advokat. Dikatakan dalam ketentuan itu, bahwa advokat tidak bisa dituntut selama dalam rangka terkait dengan pembelaan terhadap hak kliennya," terangnya, Rabu (7/2/1018).

Terkait dengan hal itu, lanjut dia terdapat perbedaan yang sangat kentara dan jelas dari apa yang dilakukan Fredrich Yunadi dan Firman Wijaya dalam membela Setya Novanto sebagai klien. Fredrich Yunadi, memang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum, sehingga bisa diproses.

"Berbeda dengan apa yang dilakukan Firman Wijaya dalam kapasitasnya sebagai pengacara Setya Novanto. Menurut pendapat hukum saya, apa yang dilakukannya bisa dibenarkan," tambahnya.

Dengan kata lain, tidak bisa dianggap sebagai tindakan pidana, apapun bentuknya. Termasuk pencemaran nama baik terhadap SBY.

"Karena apa, alasan hukumnya begini. Pertama, penyebutan nama SBY itu sendiri, dilaksanakan dalam persidangan resmi," jelasnya lagi.

Ke dua, Firman Wijaya mengungkapkan hal itu tentunya juga berdasarkan berita acara yang difahaminya. Berdasarkan pemeriksaan baik terhadap saksi, dan tersangka-tersangka lainnya bahwa ada nama yang hilang dalam dakwaan tersebut, termasuklah SBY.

Dengan kata lain, apa yang diungkapkan Firman Wijaya ini adalah berdasarkan dari data-data persidangan. Sehingga terhadap itu tidak bisa dikatakan sebagai tindak pidana yang bisa diperkarakan.

(Baca: Terkait OTT, Sejumlah Pegawai BPN Sanggau Diperiksa Polisi )

Halaman
123
Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved