Breaking News:

Penerapan BLU Harus Jadikan Untan Semakin Mampu Bersaing

Perguruan tinggi negeri terbesar di Kalimantan Barat ini menjadi perguruan tinggi negeri ke 28 dari 118 PTN di Indonesia yang menerapkan BLU.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Rektor Untan, Thamrin Usman 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Claudia Liberani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Seiring dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 830/KMK.05/2017 tanggal 13 November 2017 tentang Penetapan Universitas Tanjungpura Pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, maka Untan resmi menerapkan BLU mulai tahun 2018.

Baca: BLU Tidak Mengutamakan Pencarian Keuntungan

Penerapan BLU ini dikatakan oleh Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas Universitas Tanjungpura di tingkat nasional.

Baca: Terapkan BLU, Dorong Kualitas Untan ke Tingkat Nasional

Perguruan tinggi negeri terbesar di Kalimantan Barat ini menjadi perguruan tinggi negeri ke 28 dari 118 PTN di Indonesia yang menerapkan BLU.

Lantas seperti apa tanggapan dari pengamat, berikut analisis dari pemerhati kebijakan pemerintah, Faisal Riza, Kamis (1/2/2018).

Pemberlakuan BLU harus menjadikan kualitas Untan semakin meningkat, yang merasakan benefitnya jelas mahasiswa. Prinsip BLU ini lahir dari desain pendidikan nasional kita yang mengharuskan pendidikan mandiri.

Dalam kondisi itu pemberlakuan BLU ini sah-sah saja.

Namun yang harus kita kawal sekarang adalah memastikan BLU memberi keuntungan kepada masyarakat Kalbar untuk mendapat mengenyam pendidikan secara merata.

Halaman
123
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved