Breaking News:

7 Fakta di Balik Peristiwa Meledaknya Pesawat Ulang Alik Challenger

32 tahun silam, tepatnya 28 Januari 1986 pesawat Ulang Alik Challenger beberapa detik setelah peluncuran meledak dan menewaskan semua awaknya.

Penulis: Try Juliansyah | Editor: Dhita Mutiasari
ISTIMEWA
Monumen untuk mengenang peristiwa pesawat Ulang Alik Challenger, 28 Januari 1986 silam 

Laporan Wartawan Tribunpontianak , Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pencapaian Negara Adidaya Amerika Serikat dalam mengeksplorasi luar angkasa sudah tidak diragukan lagi.

Puluhan misi luar angkasa telah berhasil di lakukan oleh Badan Antariksa, Negera Paman Sam tersebut.

Namun tahu nggak guys ternyata dibalik semua kesuksesan tersebut ada sejarah kelam yang menyelimuti NASA hingga saat ini.

Baca: Mengenang Wilder Penfield, Ahli Bedah Otak yang Sangat Hebat! Kisahnya Mengerikan

32 tahun silam, tepatnya 28 Januari 1986 pesawat Ulang Alik Challenger beberapa detik setelah peluncuran meledak dan menewaskan semua awaknya.

Baca: Masih Penasaran Kasus Pelecehan Pasien Cantik? Ini 10 Fakta dan Akhir Ceritanya

Nah berikut fakta-fakta di balik peristiwa tersebut.

1. Challengger merupakan pesawat ulang alik ke tiga Amerika Serikat saat itu dan telah menyelesaikan sebilan misi penerbangan luar angkasa, dan di misi ke sepuluhnya Chalengger meledak.

2. Challenger lepas landas dari Kennedy Sapce dan meledak 73 detik setelah lepas landas yang menewaskan semua awaknya.

3. Tujuh dari awaknya merupakan Guru Sekolah Dasar, Crista McAuliffe dan enam lainnya antara lain, pilot Mike Smith, test pilot dan teknisi pesawat Dick Scobee, fisikawan Ron McNair, teknisi pesawat Ellison Onizuka, spesialis muatan Greg Jarvis, teknisi elektrik dan pakar telematri Judith Resnik.

4. Penyebab kecelakaan beberapa penyekat Cincin O pada salah satu roket pendorong mengalami kerusakan akibat suhu panas. Sehingga menyebabkan gas pembakaran bocor keluar roket.

5. Atas tragedi tersebut presiden Amerika serikat saat itu Ronald Reagan membentuk komisi yang bertugas untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

6. William Rogers ditunjuk sebagai ketua komisi penyelidikan dan memaparkan laporan penyelidikannya di depan senat AS di dampingi wakilnya, Neil Amstrong yang merupakan astronot pertama yang menjajakan kakinya di bulan.

7. Kecelakaan yang menimpa Challengger merupakan kecelakaan terbesar pertama yang menimpa pesawat ulang Alik AS dan menjadi pelajaran untuk kesuksesan penerbangan antariksa setelahnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved