Tingkatkan Kemampuan Tanggap Bencana, Sat Sabhara Gelar Pelatihan SAR

Kemudian teknik membalikkan perahu karet, teknik cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet

Tingkatkan Kemampuan Tanggap Bencana, Sat Sabhara Gelar Pelatihan SAR
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Satuan Sabhara Polres Sintang menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) penyelamatan korban tenggelam di Danau Tembulan, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kamis (18/1/2018) pagi.   

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin senantiasa mengintruksikan kepada seluruh jajaran agar meningkatkan kemampuan sesuai tupoksi dan tanggung jawab masing-masing. 

Menyikapi instruksi tersebut, Satuan Sabhara Polres Sintang menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) penyelamatan korban tenggelam di Danau Tembulan, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kamis (18/1/2018) pagi. 

(Baca: Diduga Ada Aliran Sesat di Kecamatan Jongkong, Ini Langkah Kemenag Kapuas Hulu )

Pelatihan tersebut sengaja digelar sebagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi kemungkinan bencana banjir yang terjadi menjelang musim hujan di wilayah hukum Polres Sintang.

Pelaksanaan latihan Search And Rescue (SAR) tersebut dipimpin oleh KBO Sat Sabhara Iptu Ulik Sulistyono  dan Kanit Turjawali. Kemudian peserta latihan diikuti oleh Personil Satuan Sabhara Polres Sintang. 

Dalam kesempatan tersebut para personil dilatih untuk melakukan penyelamatan dengan menggunakan perahu kano, adapun beberapa materi latihan dasar yang dilakukan yaitu Teknik cara menaiki perahu kano. 

"Kemudian teknik membalikkan perahu karet, teknik cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu karet, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air," ujar Iptu Ulik Sulistyono.

Ia mengatakan latihan SAR digelar untuk meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana yang nantinya berfungsi untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah banjir, selain itu juga memberikan pertolongan evakuasi.

“Kegiatan ini dalam rangka antisipasi banjir di wilayah hukum Polres Sintang yang mana akhir-akhir ini curah hujan sangat tinggi. Kita tidak ingin ada bencana, namun jika itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan untuk melakukan upaya penyelamatan," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved