Sentra Gakkumdu jadi Wadah Penanganan Pelanggaran Pemilu

Panwaslu Kubu Raya melaunching Sentra Gakkumdu dan Bimbingan Teknis Penanganan Pelanggaran di Kantor Panwaslu Kubu Raya, Jalan Parit Bugis.

Sentra Gakkumdu jadi Wadah Penanganan Pelanggaran Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Kapolres Mempawah, Didik Dwi Santoso memukul gong sebagai simbol telah dilaunchingnya Sentra Gakkumdu di kantor Panwaslu, Jalan Parit Bugis, Kubu Raya, Rabu (17/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Panwaslu Kubu Raya melaunching Sentra Gakkumdu dan Bimbingan Teknis Penanganan Pelanggaran di Kantor Panwaslu Kubu Raya, Jalan Parit Bugis, Kubu Raya, Rabu (17/1/2018).

Sentra Gakkumdu tersebut akan digunakan sebagai wadah untuk mengolah laporan masyarakat yang berkaitan dengan tindak pelanggaran pemilu.

Sentra Gakkumdu terdiri atas 3 unsur, antara lain Panwaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.

Baca: Panwaslu Launching Sentra Gakkumdu, Libatkan Berbagai Unsur

Ketua Panwaslu Kubu Raya, Ahmad Darwis mengatakan, pihaknya siap menerima laporan indikasi pelanggaran Pemilu dari masyarakat.

"Tentu ini semua tergantung dari hasil kajian, apakah sifatnya pelanggaran administrasi atau pidana," katanya.

Apabila pihaknya menemukan adanya tindak pelanggaran berupa pemberian uang maupun barang kepada pemilih maka persoalan tersebut akan ditangani langsung oleh Bawaslu Provinsi.

Namun demikian, katanya, sejauh ini pihaknya belum pernah mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya indikasi pelanggaran Pilkada.

"Informasi-informasi itu ada, tapi setelah kami telusuri ke tempat diduga adanya pelanggaran, ternyata informasi itu tidak benar," ucapnya.

Acara launching itu juga turut mengundang sejumlah pihak, antara lain Pimpinan Parpol, Panwascam, serta beberapa lembaga terkait.

"Disini adalah kantor Panwaslu, kalau ada hal-hal yang ingin disampaikan tentu kami menerima," pungkasnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved