2017, BP3TKI Pontianak Tempatkan 1.023 Pekerja di 11 Negara

Bekerja di luar negeri merupakan salah satu pilihan bagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

2017, BP3TKI Pontianak Tempatkan 1.023 Pekerja di 11 Negara
Net
Ilustrasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Saat ini di tahun 2018, Istilah Tenaga Kerja Indonesia berubah sebutannya menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI), dan 2017 kemarin 1023 Pekerja di tempatkan di 11 Negara.

Hal ini berdasarkan data SISKOTKLN (Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri) dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia melalui unit kerjanya di Kalimantan Barat yaitu BP3TKI Pontianak tercatat angka penempatan PMI sepanjang tahun 2017 sebanyak 1.023 orang.

Selain itu, terdata juga di BP3TKI ada sejumlah negara penempatan PMI antara lain ke negara Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Singapura, Congo, Arab Saudi, Solomon Island, Qatar, Gabon, Timor Leste dan Papua Nugini.

Kepala BP3TKI Pontianak, Ahnas M.Ag menuturkan bekerja di luar negeri merupakan salah satu pilihan bagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Hal itu semata demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarganya. Minat penduduk Kalimantan Barat untuk bekerja di luar negeri sampai tahun ini masih tergolong cukup tinggi,"ujarnya pada Senin (15/1/2018).

Baca: Imigrasi Singkawang Deportasi 26 WNA

Lanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa khusus untuk PMI asal Kalimantan Barat yang ditempatkan tahun 2017 lalu sebanyak 1.003 orang. Ini bisa diartikan bahwa pengangguran di wilayah Kalimantan Barat tahun 2017 lalu berkurang sebanyak angka itu karena keberangkatan mereka ke luar negeri untuk bekerja, angka ini sebenarnya cenderung menurun dibanding tahun 2016 lalu yang ditempatkan sebanyak 1.580 orang yang berasal dari Kalimantan Barat.

Harapannya penurunan ini lebih karena penyerapan tenaga kerja di dalam negeri yang lebih maksimal.‎

Tak hanya itun Para PMI ini bekerja pada sektor Formal sebanyak 990 orang dan sektor Informal sebanyak 33 orang. Adapun pembagian berdasarkan jenis kelamin yaitu Laki-laki sebanyak 637 orang dan Perempuan sebanyak 386 orang.

Pada kesempatan yang sama Ahnas menambahkan bahwa dari 1.023 TKI asal Kalimantan Barat yang ditempatkan ke luar negeri dapat dirincikan berdasarkan negara penempatannya yaitu Malaysia sebanyak 733 orang, Brunai Darusalam sebanyak 259 orang, Solomon Island sebanyak 12 orang, Papua Nugini sebanyak 4 orang, Arab Saudi sebanyak 4 orang, Taiwan sebanyak 3 orang, Singapura sebanyak 3 orang, Congo sebanyak 2 orang, Gabon sebanyak 1 orang, Timor Leste sebanyak 1 orang dan Qatar sebanyak 1 orang.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved