Bantu Pencegahan Stunting, Perkim Fokus Pada Program Sanitasi dan Air Bersih 

Sebenarnya sanitasi dan air bersih ini ditangani oleh dua sisi, pemerintah dan masyarakat.

Bantu Pencegahan Stunting, Perkim Fokus Pada Program Sanitasi dan Air Bersih 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sintang, Zulkarnain   

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sintang Zulkarnain mengatakan bahwa pihaknya bergerak dalam intervensi spesifik dalam pencegahan stunting.

Pihaknya fokus kepada penyelesaian permasalahan sanitasi dan air bersih. Sebab satu di antara penyebab terjadinya stunting juga diakibatkan dari kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dari masyarakat. 

"Sebenarnya sanitasi dan air bersih ini ditangani oleh dua sisi, pemerintah dan masyarakat. Jadi dalam memaksimalkannya, masyarakat juga harus tumbuh kesadaran," ujarnya, Kamis (11/1/2018) pagi. 

(Baca: LIVE FACEBOOK - Ngeri! Sejumlah Warga Tangkap Buaya Putih, Ada Yang Bilang Buaya Siluman )

Menurutnya memang dari pemerintah pusat juga berkomitmen mengatasi masalah sanitasi di perkotaan dan pedesaan. Pihaknya mendapatkan dana untuk sanitasi 8 miliar dan air bersih 4.5 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). 

"Namun sebaliknya gambaran di Dana Alokasi Umum (DAU) kita masih terlalu kecil, sumbangannya untuk pembangunan hanya 0.3 persen dari dana DAU yang kita anggarkan, yaitu sekitar 4 miliar," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved